Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menenangkan Diri Selama Pandemi dengan Meditasi

KOMPAS.com - Pandemi global yang sekarang kita hadapi menimbulkan banyak kecemasan dan takut. Untuk menjaga kesehatan mental, berlatihlah meditasi sederhana yang terbukti efektif menenangkan diri.

Setelah hampir dua minggu beradaptasi dengan ritme kehidupan yang baru selama pandemi, banyak orang yang mengaku mulai bosan dan ingin wabah ini segera berlalu.

Hidup di tengah pandemi memang tidak mudah. Apalagi, tidak ada kepastian kapan dunia kembali normal.

Apa yang sekarang terjadi di dunia memang berada di luar kendali kita, namun kita bisa mengendalikan emosi dan pikiran kita sendiri dengan meditasi.

Meditasi selama ini mungkin kita anggap tidak penting. Tetapi, belajar melatih fokus dan mengatur pernapasan merupakan cara mudah untuk mengurangi stres.

Menurut studi yang dilakukan tim dari Harvard Medical School, meditasi dengan mengatur napas bisa membantu kita memiliki mindfulness (kesadaran pada saat ini) dengan membawa semua fokus ke satu hal, yaitu napas.

“Tujuannya adalah untuk mengalihkan dari pikiran yang mencemaskan atau membuat kita takut, bahkan depresi karena merasa sendirian,” kata psikolog Vaile Wright.

Untuk melakukan meditasi napas, cara melakukannya sederhana. Anda bisa memilih posisi duduk dengan nyaman, berdiri, atau berjalan, dengan seminimal mungkin pengalih perhatian.

Kebanyakan orang memilih untuk duduk, tapi pastikan postur tubuh tegak. Kemudian perhatikan keluar masuknya napas. Lalu, perlambat napas dengan menghirupnya perlahan sambil dihitung sampai enam.

Jeda selama dua detik, lalu keluarkan napas dan hitung sampai empat.

Kemudian ulangi metode ini selama dua menit.

Meditasi online

Bagi Anda yang merasa pemula dan butuh bimbingan untuk meditasi, selama masa pembatasan sosial ini ada banyak kelas online yang bisa diikuti.

Komunitas Pranic Healing Indonesia juga secara rutin membuka kelas meditasi.

Menurut instruktur senior, dr.Andreas Prasadja, meditasi akan membersihkan diri dari segala kegaduhan pikiran emosi, sehingga bisa mencapai ketenangan batin dan kedamaian.

Praktik meditasi yang bisa diikuti disebut dengan Meditasi Jantung Kembar.

“Meditasi ini mengaktifkan dua pusat cinta kasih utama manusia, yaitu cakra jantung depan dan carka mahkota,” kata Andreas.

Jika dilakukan secara rutin, meditasi ini juga terbukti meningkatkan daya tahan tubuh.

Kelas meditasi online mingguan dilakukan melalui platform Zoom Pranic Healing Indonesia.

“Mengajak siapapun kamu untuk hening/meditasi/berdoa #dirumahaja di rumah masing-masing pukul 21.00 WIB. Sembari sebelumnya pukul 20.30 WIB, belajar bersama tentang menjaga kesehatan mental dan menenangkan batin,” tulisnya di akun Instagramnya.

Ia membagikan secara lengkap tahapan meditasinya juga melalui Instagram.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/28/122127520/menenangkan-diri-selama-pandemi-dengan-meditasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke