Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari Kacamata hingga Sneaker, Gerakan Brand Lokal Memerangi Corona

KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa kita lakukan guna menghentikan penyebaran virus corona.

Seperti menerapkan social distancing, tetap tinggal di rumah, mencuci tangan secara menyeluruh, dan lain sebagainya.

Dengan mempraktikkan cara-cara tersebut, kita turut membantu meringankan tugas para tenaga kesehatan di seluruh dunia yang sedang berusaha menyembuhkan pasien Covid-19.

Namun ada juga cara-cara mulia yang dilakukan orang untuk membantu orang lain saat wabah ini melanda. Misalnya seperti Anne Avantie yang menyumbang pakaian APD buatannya, atau Najwa Shihab dan Dian Sastro yang melelang sneaker untuk donasi, juga perancang Didiet Maulana yang menggalang dana.

Gerakan untuk membantu ini rupanya makin meluas. Sejumlah brand fesyen juga menunjukkan perhatian mereka terhadap tenaga kesehatan di garis depan untuk bergerak memerangi virus tersebut. Apa saja?

Sepatu Compass

Salah satu brand sepatu lokal tanah air, Compass, di akun Instagram resminya, mengajak masyarakat untuk berkontribusi melawan virus corona dengan program "Teman Compass Berbagi."

"Donasi akan dikumpulkan secara transparan melalui platform kitabisa.com dan per dua minggun akan disalurkan pada gerakan positif yang diinisiasi oleh dr. Tirta."

Program ini mulai dijalankan pada 28 Maret 2020.

Saturdays Eyewear

Brand lokal lain yang menyediakan berbagai jenis kacamata, Saturdays, juga berpartisipasi dengan menyumbangkan kacamata bagi tenaga medis yang sedang menangani wabah Covid-19.

Dalam akun instagramnya, Saturdays menuliskan, "We want to thank our Covid-19 medical heroes! We are in this together and every small act helps."

Brand ini juga mengajak agar kita ikut berperan menghentikan pandemi corona dengan tetap tinggal di rumah.

Brand kacamata lain, Bridges Eyewear, juga menggalang donasi kacamata bagi para tenaga medis di unggahan akun Instagram mereka.

"Kami mendonasikan kacamata bagi siapa saja yang bekerja di bidang perawatan kesehatan dan berada di garis depan melawan Covid-19 sekarang juga," tulis mereka.

Tiap tenaga medis yang memerlukan produk kacamata Bridges Eyewear bisa menghubungi lewat email mereka di hello@bridgeseyewear.com.

Brand yang dikenal dengan busana musim hujan ini berinisiatif membuat pakaian Hazmat atau APD. Bersama brand sepatu Pijak Bumi, Ameraincoat mengajak berdonasi untuk kemudian diproduksi menjadi pakaian hazmat.

Dalam akun instagramnya, Ameraincoat menulis,

"Di tengah pandemi ini, kami melihat bahwa banyak tenaga medis kehabisan persediaan medis, bersama dengan @pijakbumi dan @elephantbrand.id kami membuat inisiatif untuk memproduksi Hazmatsuit."

"Anda juga dapat membantu mereka dengan bergabung dengan gerakan ini."

Adapun hasilnya akan disumbangkan ke rumah sakit atau badan kesehatan yang membutuhkan di Bandung.

Tidak ketinggalan pula Screamous Clothing, brand asal kota Bandung yang menjual outfit dan footwear pria, ikut mengajak orang untuk berdonasi dengan membeli produk mereka fitur layanan "Screamous Instant Delivery."

"Dengan berbelanja melalui Screamous Instant Delivery, berarti kamu sudah turut menyumbang Rp. 10.000 untuk dikumpulkan guna pembelian alat-alat bagi tenaga medis yang kini sedang berjuang di garda depan namun kekurangan peralatan seperti masker dan APD."

Nantinya, setiap donasi yang dikumpulkan akan disumbangkan ke institusi terkait.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/29/194114420/dari-kacamata-hingga-sneaker-gerakan-brand-lokal-memerangi-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke