Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Wabah Corona

KOMPAS.com - Sebagai langkah menghadapi pandemi virus corona, para ahli kesehatan di dalam dan luar negeri mendorong semua orang untuk melakukan social distancing, menjalani karantina sendiri, dan tentu saja mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air untuk membantu memperlambat penyebarannya.

Tapi ada hal lain yang penting diingat, hal pertama yang diserang oleh virus corona pada Covid-19 adalah sistem pernapasan, yang berarti paru-paru kita.

Karena itu, sangat penting merawat paru-paru kita dengan benar, karena mencuci tangan saja tampaknya kurang efektif jika paru-paru kita tidak cukup sehat untuk menahan infeksi apa pun dengan sendirinya.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, untuk membantu melindungi dari berbagai kondisi pernapasan.

Berikut lima makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru:

1. Apel

Sebuah apel sehari bukan hanya akan menjauhkan kita dari dokter, tapi juga membantu menjaga dari virus corona.

Ini karena apel kaya akan phytochemical yang dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif, yang selanjutnya akan membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Sayuran hijau

Yang kedua adalah sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, yang semuanya penuh dengan nutrisi seperti serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang semuanya mendukung kesehatan paru-paru.

3. Teh hijau

Jika kamu menyukai minuman hangat yang menenangkan, teh hijau merupakan pilihan yang bagus karena dipenuhi dengan polifenol dan antioksidan yang dikenal membantu menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru dalam berbagai penelitian.

Selain itu, konsumsi teh hijau secara teratur juga diketahui mengurangi risiko mengembangkan penyakit paru obstruktif kronis.

4. Bawang putih

Kamu juga dapat mencoba bawang putih, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang juga dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif.

Hal itu juga dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru di masa mendatang.


5. Ikan salmon

Jika kamu pencinta makanan laut, ada kabar baik, karena salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Salmon juga dikenal rendah asam lemak omega 6 pro-inflamasi yang diketahui banyak ditemukan dalam makanan "modern" yang tak sehat.

Selain itu, salmon merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh.

Ini berkaitan dengan penurunan risiko radang sendi, menjaga sistem kekebalan tubuh dan tiroid, serta membantu menjaga jaringan tubuh dengan mencegah kerusakan sel.

Selain mengonsumsi lima makanan tersebut, yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah berhenti merokok.

Pasalnya, perokok dan pengguna vape (rokok elektrik) ternyata lebih berisiko mengalami infeksi virus corona.

Temuan ini didapatkan dari laporan terbaru publikasi ilmu pengetahuan Scientific American kepada Express.co.uk, Imunolog Dr. Jenna Macciochi menyarankan para perokok dan pengguna vape untuk segera berhenti.

"Jika ada waktu yang paling tepat untuk berhenti merokok, itu adalah sekarang," katanya.

Merokok menekan fungsi kekebalan di paru-paru dan memicu peradangan. Meskipun sekarang banyak yang beralih menggunakan vape sebagai alternatif dari rokok konvensional, vape rupanya juga membawa risiko yang sama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/29/204138020/5-makanan-untuk-menjaga-kesehatan-paru-paru-di-tengah-wabah-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke