Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Kecerdasan Spiritual untuk Hidup yang Lebih Bermakna

KOMPAS.com - Semakin hari semakin banyak orang yang percaya pada spiritualitas sebagai salah satu solusi untuk masalah hidup.

Di tengah dunia yang makin riuh, spiritualisme mengajak orang untuk kembali mencari keheningan dalam diri dan membawa nilai-nilai yang lebih bermakna.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mendefinisikan manusia sebagai makhluk psikologis, sosial, dan spiritual. Sementara tak sedikit psikolog yang percaya bahwa kecerdasan spiritual adalah faktor yang berperan penting bagi kesehatan mental seseorang.

Apa sebenarnya kecerdasan spiritual atau spiritual intelligence itu? Apa yang bisa kita lakukan untuk membangunnya?

Kecerdasan spiritual adalah jenis kecerdasan yang erat kaitannya dengan kemampuan spiritual yang membantu seseorang untuk hidup lebih baik.

Memiliki kemampuan ini memungkinkan kita untuk menyatukan spiritualitas, kehidupan batin (inner life), dan kehidupan di luar dirinya (outer life).

Konsep kecerdasan spiritual sebenarnya masih baru. Karena itu, masih sedikit penelitian empiris yang dilakukan mengenai jenis kecerdasan ini.

Meski begitu, sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Fundamentals of Mental Health menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara kecerdasan spiritual dan kehidupan sosial yang lebih baik.

Sementara beberapa studi lain memperlihatkan bahwa ada hubungan positif antara kecerdasan spiritual dengan rasa empati dan kepuasan dalam hidup.

Tak hanya itu, tipe inteligensi ini juga dinilai dapat membantu orang untuk lebih mampu menghadapi pengalaman sulit, seperti rasa duka dan kehilangan.

Cara membangun kecerdasan spiritual

Spiritualitas adalah pengalaman yang pribadi bagi tiap orang. Cara seseorang untuk menggapai kecerdasan spiritual juga berbeda-beda, ada yang melakukannya dengan yoga, meditasi, berdoa, dan sebagainya.

Melatih kesadaran

Sadarilah bahwa kita memang tidak sempurna sebagai manusia. Ada kesalahan dan ego yang terselip di dalam diri. Tapi bukan berarti kita bisa membiarkan hal-hal ini menguasai diri.

Oleh sebab itu, sadari, pertanyakan, dan ubah hal-hal buruk yang membuat jiwa Anda tidak tenang. Saat telah terbiasa untuk hidup secara ‘sadar’, akan lebih mudah bagi kita untuk menghargai serta menikmati hidup.

Meditasi

Proses meditasi akan membantu kita belajar lebih mengenal diri sendiri. Saat meditasi, kita juga dilatih untuk menyadari serta memahami segala pikiran dan perasaan yang muncul di benak.

Dengan begitu, setelah meditasi, kita akan merasa lebih ringan secara mental sekaligus berenergi.

Melakukan visualisasi

Visualisasi adalah teknik yang digunakan untuk membantu dalam mewujudkan apa yang kita inginkan dalam hidup.

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang law of attraction atau hukum ketertarikan? Konsepnya kira-kira serupa.

Otak pada dasarnya tidak bisa membedakan antara visualisasi dan kenyataan. Saat kita membayangkan bahwa Akita bahagia dan tenang, otak juga akan ‘merasakan’ bahwa kita tengah bahagia. Jadi, lakukanlah visualisasi setiap hari.

Berkumpul dengan komunitas

Berkumpul dengan orang-orang yang membuat kita merasa terhubung akan menguntungkan untuk kecerdasan spiritual. Kita akan menjadi lebih terbuka, menghargai keberagaman, lebih nyaman dengan diri sendiri, serta meningkatkan empati.

Komunitas tersebut bisa siapa saja, tak hanya teman dekat atau keluarga. Anda dapat bergabung dalam klab buku, berkumpul dengan teman yoga, dan banyak lagi.

Mendekatkan diri dengan alam

Melakukan aktivitas di alam terbuka akan membuat kita lebih mudah untuk terkoneksi secara spiritual. Mata terasa segar dengan pemandangan, pikiran pun bisa menjadi lebih sejuk dan tak ruwet.

Sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kedekatan dengan alam sangat menguntungkan bagi kesehatan fisik dan mental.

Karena itu, luangkan waktu untuk berjalan-jalan di alam terbuka demi kedamaian dan ketenangan batin.

Melatih kecerdasan spiritual tak hanya menambah nilai bagi pertumbuhan pribadi kita. Pengalaman hidup juga bisa semakin kaya.

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa inteligensi spiritual dapat membuat kita lebih damai, puas dengan hidup, dan lebih mampu menghadapi kesulitan.

Anda dapat mencoba untuk meluangkan waktu guna melihat ke dalam serta mengenal diri sendiri. Dengan ini, Anda niscaya bisa mendapatkan ketenangan batin.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/30/210735320/pentingnya-kecerdasan-spiritual-untuk-hidup-yang-lebih-bermakna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke