Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Hoaks Telur Rebus Disebut Bisa Cegah Corona, Ini Kata Dokter

KOMPAS.com - Di waktu pandemi corona seperti sekarang, rasa takut dan panik membuat banyak orang lebih rapuh dan mudah percaya pada berita yang seolah menawarkan solusi atas permasalahan ini.

Salah satunya adalah berita soal makan telur rebus tengah malam yang disebut bisa mencegah penularan virus corona.

Menyebarnya kabar ini dimulai dari unggahan video seorang bayi yang bisa bicara dan menyuruh orang-orang untuk makan telur rebus saat tengah malam sebagai tolak bala.

Layaknya penyebaran hoaks lain secara acak dan cepat, berita mengenai telur rebus bisa mencegah dan menyembuhkan corona tiba-tiba beredar dan tidak sedikit orang yang memercayainya.

Melihat fenomena ini, medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri mengungkapkan bahwa sebaiknya masyarakat jangan mudah percaya begitu saja tulisan ataupun video yang diunggah di media sosial. Sebab, jika menyangkut urusan kesehatan, akibatnya bisa berbahaya.

Lagipula ia mengungkapkan, hingga saat ini belum ada satu makanan pun yang telah terbukti melalui penelitian, bisa mencegah infeksi virus corona, termasuk jenis virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Saat ini, hal yang efektif untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh.

“Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang memang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh,” kata dr. Anandika.

Namun ingat, mengonsumsi makanan sehat itu merupakan bagian dari pola makan sehat. Jadi, harus dilakukan setiap hari secara teratur, dengan jenis makanan beragam agar gizinya pun lengkap.

Dr. Anandika pun menambahkan, bahwa selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup juga merupakan bagian penting untuk membangun imunitas tubuh yang kuat.

Jenis makanan yang bisa tingkatkan daya tahan tubuh

Telur rebus memang makanan sehat. Namun, jika makanan tersebut dianggap bisa mencegah corona atau bahkan menyembuhkan corona, maka hal tersebut tidaklah tepat.

Seperti saran dokter, untuk mencegah atau menurunkan risiko tertular corona, sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Dari makanan-makanan tersebut, ada beberapa di antaranya yang memang dipercaya bisa meningkatkan daya tubuh, seperti:

1. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk membangun daya tahan tubuh agar kuat melawan berbagai penyebab penyakit, termasuk infeksi virus dan bakteri.

2. Brokoli

Tidak hanya jeruk, brokoli juga bisa jadi salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Bawang putih

Bawang putih juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan karena bawang putih mengandung banyak allicin, yaitu komponen dengan kandungan sulfur yang baik untuk daya tahan tubuh.

4. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna, kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Komponen tersebut, menurut penelitian, dianggap baik untuk sistem imun karena dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit autoimun.

Meski Covid-19 bukanlah penyakit autoimun, tapi tidak ada salahnya jika kita tetap mengonsumsi ikan. Sebab, penyakit autoimun bisa jadi salah satu kondisi yang memperparah infeksi virus corona.

5. Jahe

Jahe sudah banyak digunakan dalam obat tradisional berbagai penyakit. Secara ilmiah, rempah ini memang terbukti memiliki komponen yang bersifat antiradang dan antioksidatif.

Meski begitu, dibutuhkan lebih banyak penelitian soal kemampuannya dalam mencegah terjadinya infeksi virus.

6. Bayam

Selain kaya akan antioksidan, bayam juga kaya akan vitamin C dan beta karoten yang bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

7. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman dengan kandungan antioksidan paling tinggi. Sehingga, minuman ini baik untuk menyokong kemampuan daya tahan tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang masuk ke tubuh.

8. Pepaya

Tak banyak yang tahu, pepaya juga merupakan salah satu buah yang kaya akan vitmain C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung vitamin B, kalium, dan folat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk mencegah atau menurunkan risiko tertular virus corona, kita harus mengonsumsi makanan yang bergizi setiap hari.

Selain itu, berolahraga secara teratur dan rajin menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan, juga bisa membuat sistem imun tubuh bekerja lebih optimal.

Namun ingat, di masa pandemi seperti sekarang, semua itu baru akan benar-benar efektif jika kita juga mempraktikkan physical distancing.

Sebisa mungkin, tetaplah berdiam diri di rumah dan jangan keluar kecuali ada kondisi yang benar-benar mendesak. Hindari berkumpul di tempat ramai, dan selalu jaga jarak dari orang lain.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/31/050500320/viral-hoaks-telur-rebus-disebut-bisa-cegah-corona-ini-kata-dokter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke