Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Terlambat, Lakukan Ini untuk Kurangi Asupan Gula pada Anak

KOMPAS,com - Hampir semua anak kecil adalah pencinta makanan manis. Cokelat, permen warna-warni, cookies, dan es krim selalu berhasil membuat mereka bahagia.

Tapi, tahukah kamu lonjakan gula yang (untungnya hanya) sementara, tetap bisa berefek buruk pada kesehatan anak?

"Banyak penelitian jangka panjang mengaitkan gula dengan risiko masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk diabetes dan obesitas," kata ahli diet anak Jennifer Hyland, RD.

Itu sebabnya, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak mengkonsumsi gula tambahan sama sekali.

Sedangkan, anak-anak 2 tahun atau lebih tua hanya boleh mengonsumsi tidak lebih dari 25 gram (atau 6 sendok teh) gula tambahan setiap hari.

Seberapa burukkah gula untuk seorang anak?

Gula memang manis dan menyenangkan, tetapi masalahnya akan terjadi setelah itu.

"Jumlah gula tambahan yang dikonsumsi anak-anak secara konsisten menyebabkan peningkatan gula darah yang besar dari waktu ke waktu," jelas Hyland.

Hasilnya? Tentu saja risiko resistensi insulin, prediabetes, dan diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

Terlalu banyak gula juga dapat memengaruhi suasana hati, aktivitas, dan tingkat hiperaktif anak.

“Ini memengaruhi perilaku anak-anak karena gula darah mereka seperti roller coaster; naik dan turun sepanjang hari, "Hyland menunjukkan.

Tetapi perlu diingat, bahwa tidak semua gula diciptakan sama. "Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan meskipun mereka memiliki gula. Karena itu adalah gula alami, ” kata Hyland.

“Gula alami diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Yang jadi masalah adalah gula yang ditambahkan. "


Cara mengurangi asupan gula pada anak

Seperti kebanyakan agen ganda, tambahan gula biasanya menyamar. Itu berarti makanan yang dipasarkan sebagai camilan sehat untuk anak-anak terkadang tidak bebas gula.

“Ketahui cara menemukan gula tersembunyi,” kata Hyland, “terutama karena gula hadir dalam berbagai bentuk. Labelnya bisa berupa dekstrosa, sukrosa, madu, agave atau molase. Itu semua kata-kata untuk gula. "

Jadi, bagaimana mengubah kebiasaan makan manis pada anak? Hyland memberikan lima tips berikut:

1. Masukkan minuman manis dalam daftar terlarang

Hyland menegaskan, menghindari minuman manis, termasuk jus, akan membuat dampak besar.

"Meskipun jus buah 100% tidak selalu menambahkan gula, tetapi tetap masih banyak gula terkonsentrasi di satu tempat," kata Hyland.

"Usahakan juga untuk menghindari soda dan minuman olahraga, dan terutama saat anak-anak beranjak besar, termasuk teh manis dan minuman kopi.

2. Perhatikan label makanan

Sangat penting memerhatikan label makanan sebelum membelinya. Perhatikan setiap kandungannya, termasuk jumah gulan di dalamnya.

“Dengan melihat makanan dapat membantu kita membuat pilihan yang lebih cerdas. Jika makanan mengandung 10 gram gula tambahan, kamu mungkin akan memutuskan untuk memilih makanan yang lain - karena itu hampir setengah dari jumlah yang disarankan untuk anak-anak," jelas Hyland.

3. Pilih makanan yang mengandung kurang dari 10 gram gula dan serat lebih dari 5 gram

Hati-hati sereal dan granola batangan bisa menjadi ladang gula. Tetapi bukannya tak boleh mengonsumsi itu sama sekali, Hyland mengatakan untuk mencari produk yang mengandung kurang dari 10 gram gula, dan jika mungkin, lebih dari 5 gram serat.

“Serat bermanfaat dalam banyak hal. Serat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, menurunkan kolesterol, dan menurunkan risiko diabetes dan pradiabetes, ”katanya.

"Banyak produk yang memiliki gula alami, seperti buah-buahan dan sayuran, memiliki kandungan serat yang tinggi."


4. Buat camilan sehat sendiri untuk anak-anak

Makanan olahan umumnya selalu ditambahkan gula. Jadi semakin banyak makanan yang bisa kamu siapkan sendiri di rumah, tentu semakin baik.

“Memanggang muffin mini sendiri tentu akan berbeda dengan kamu membelinya di toko. Meski versimu juga memakai gula, tapi kamu bisa memilih jenis gula yang lebih alami dan mengontrol jumlahnya,” jelas Hyland.

Kamu juga bisa mencoba membuat granola batangan sendiri, dengan pemanis dari kurma untuk menghindari penambahan gula.

Tetapi jika memasak bukan pilihanmu, kamu tetap bisa menyediakan camilan sehat untuk anak-anak, seperti buah potong.

Satu catatan yang perlu diingat adalah, meskipun madu dan sirup maple sering dianggap sebagai pemanis yang lebih alami, keduanya masih dihitung sebagai gula tambahan.

“Bedanya adalah kamu tidak harus menggunakan sebanyak kamu menggunakan gula biasa, karena rasanya lebih manis dari gula biasa, dan mereka juga mengandung beberapa nutrisi,” kata Hyland.

5. Latih indera perasa anak-anak

Hyland menyarankan, ketika mulai memperkenalkan makanan padat kepada anak-anak, jangan mulai dengan hal-hal manis.

"Jika kita tidak memperkenalkan gula berlebihan sejak awal, maka selera mereka tidak akan menginginkan rasa seperti itu. Ingat, buah tidak apa-apa. Tapi bukan sesuatu dengan tambahan gula.”

Menghentikan kebiasaan konsumsi gula

Tetapi bagaimana jika sang anak sudah menjadi pecandu gula? Menurut Hyland, hal ini masih bisa diatasi secara perlahan.

“Jangan menyerah dan teruslah membuat perubahan. Misalnya, mengganti yogurt anak-anak yang mengandung gula dengan yogurt rendah gula tanpa rasa,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/01/090500720/sebelum-terlambat-lakukan-ini-untuk-kurangi-asupan-gula-pada-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke