Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Saja Tanaman Herbal yang Disebut Dapat Mencegah Covid-19?

KOMPAS.com - Meski sudah ada imbauan resmi dari Kementerian Kesehatan RI tentang cara pencegahan infeksi virus corona, nyatanya masyarakat masih saja mencari alternatif lain sebagai perlindungan tambahan. Melalui obat herbal salah satunya. 

Sejauh ini sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Covid-19 adalah penyakit baru, sehingga belum banyak penelitian yang bisa dilakukan terhadap penyakit ini.

Baik di berita nasional maupun melalui pesan berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman herbal yang bisa mencegah corona, selalu mencuri perhatian.

Sejauh ini, ini berikut tanaman maupun ramuan herbal yang diklaim bisa bantu mencegah infeksi Covid-19.

1. Jamu empon-empon

Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh.

Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memastikan manfaat empon-empon untuk mencegah infeksi virus corona. Sehingga informasi mengenai kebenaran khasiatnya sebaiknya disikapi secara bijak.

2. Jeruk dan kulitnya

Hasilnya, jeruk beserta kulitnya dianggap berpotensi untuk mengemban tugas tersebut.

Kemampuan jeruk untuk melawan corona dikatakan didapat dari kandungan flavonoid berjenis hesperidin di dalamnya. Hesperidin dianggap mampu memberikan perlindungan untuk tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Hesperidin sendiri terkandung di dalam kulit jeruk. Sehingga, untuk mencobanya, Anda bisa memarut sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih ke dalam jus jeruk yang akan diminum.

Selain itu Anda pun bisa membuat infuse water dengan memotong jeruk tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Namun ingat, hasil penelitian ini masih dalam tahap awal awal. Sehingga, perlu lebih banyak riset lagi untuk bisa benar-benar memastikan khasiat kulit jeruk dalam mencegah infeksi Covid-19.

3. Jambu biji

Sebab menurut para peneliti dari UI dan IPB tersebut, jambu biji memiliki komponen yang cukup lengkap untuk melawan infeksi virus corona.

Senyawa tersebut antara lain hesperidin, rhamnetin, kaempferol, kuersetin, dan myricetin. Namun karena penelitian ini belum pernah dilakukan langsung pada manusia, maka masih diperlukan waktu lebih lama untuk bisa memastikan kemampuan jambu biji tersebut.

4. Daun kelor

Senyawa-senyawa yang dianggap bermanfaat untuk menangkan virus corona tersebut juga ada di daun yang memang sudah sering dijadikan obat herbal ini.

Lagi-lagi, bijaklah jika ingin menggunakan daun kelor sebagai penangkal virus corona. Sebab, penelitian yang dilakukan masih dalam tahap awal.

Kata dokter soal cegah Covid-19 menggunakan tanaman herbal

Mengetahui tanaman herbal yang dianggap berpotensi mencegah virus corona memang tidak ada salahnya. Meski begitu, medical editor SehatQ, dr. Karlina Lestari mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap klaim tersebut.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dengan jelas memaparkan bahwa obat herbal tertentu bisa menyembuhkan coronavirus dalam hal ini spesifik Covid-19.

Lagipula, sejauh ini, obat-obat herbal yang diteliti terkait Covid-19 lebih bertujuan untuk melihat kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun, bukan untuk benar-benar menyembuhkan.

“Jadi kalau mau konsumsi, harus lebih hati-hati. Jangan percaya 100% dengan klaim tersebut karena penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan,” ungkapnya.

Dr. Karlina menambahkan, cara mencegah infeksi virus corona yang saat ini paling benar dan sudah terbukti secara ilmiah adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Jika tidak ada air, minimal cucilah tangan dengan hand sanitizer. Selain itu, ia juga merekomendasikan penggunaan masker saat berpergian sekaligus untuk menjaga kebersihan.

Sementara itu, dr. Karlina melanjutkan, sebaiknya Anda beristirahat di rumah, tidak bepergian, dan mengonsumsi makanan bergizi serta minum air putih, ketika merasa sakit. Lalu, hubungi dokter apabila kondisi tidak kunjung membaik.

“Covid-19 adalah virus yang saat ini belum ada obatnya. Jadi, pemberian obat di rumah sakit pun sifatnya hanya untuk mengatasi gejalanya, bukan untuk menghilangkan virus dari dalam tubuh,” jelas dr. Karlina.

Sehingga, jika ada klaim yang menyebut bahwa suatu bahan atau tanaman sudah pasti ampuh dalam menyembuhkan atau mencegah corona, kita sebaiknya lebih bijak dalam menanggapinya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/03/165841920/apa-saja-tanaman-herbal-yang-disebut-dapat-mencegah-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke