Salin Artikel

Tips Bikin Masker Bandana Tanpa Jahit untuk Cegah Virus Corona

Namun kini, tiap orang disarankan mengambil lebih banyak tindakan demi pencegahan, salah satunya dengan mengenakan masker penutup wajah. 

Per hari Minggu (5/4/2020) kemarin, Jurubicara Pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker.

Hal ini sesuai rekomendasi WHO dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," kata Yuri di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (5/3/2020).

Centers for Disease Control and Prevention juga menganjurkan, semua orang memakai masker, meski kita tidak menunjukkan gejala atau mengetahui paparan dari orang yang terinfeksi.

Di tengah kurangnya masker wajah bagi petugas kesehatan, orang yang memakainya untuk keperluan pribadi harus berhenti membeli masker yang dibutuhkan para tenaga medis.

Solusi terbaik adalah membuat masker wajah sendiri. Salah satu yang termudah dalam pembuatannya adalah masker wajah bandana.

Kita hanya membutuhkan bandana dan dua karet gelang. Menariknya, kita tidak perlu menjahit atau menggunakan lem untuk membuat masker ini.

Jika tidak memiliki bandana, tidak masalah. Ukuran standar bandana adalah 56 sentimeter persegi, sehingga kita dapat mencari sepotong kain katun yang memiliki ukuran serupa.

Seprai, sarung bantal, t-shirt, piyama, atau kemeja yang tidak kita kenakan lagi juga dapat menjadi bahan untuk masker DIY ini.

Kita bisa melihat tutorial dari Kristin Omdahl di Youtube. Perlu diingat, saat mengukur masker, setiap ujungnya harus pas dengan kulit kita.

Sebab, masker ini memungkinkan tetesan kecil meresap melalui sela-sela masker.

Namun, masker wajah bandana sangat bermanfaat bagi kita yang harus keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan atau menjalankan hal penitng lainnya.

WHO mengingatkan, masker wajah akan efektif jika kita juga sering mencuci tangan dengan cara yang benar.

Dan, jika kita mengenakan masker, ketahui pula kapan kita perlu memakai dan melepas masker tersebut.

Selain itu, jangan meninggalkan rumah kecuali kita ingin membeli persediaan makanan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/06/083232620/tips-bikin-masker-bandana-tanpa-jahit-untuk-cegah-virus-corona

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.