Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Menarik Pangeran Mateen, Putra Sultan Hassanal Bolkiah

KOMPAS.com - Sosok tampan Pangeran Mateen kembali ramai dibicarakan di media sosial, karena beredarnya sebuah video lama saat dirinya menghadiri pelantikan Presiden Jokowi pada Oktober 2019 lalu.

Pangeran Abdul Mateen adalah putra keempat (dan anak kesepuluh) Yang Mulia Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei. Selain itu ia juga garis keenam dalam tahta Brunei.

Pangeran Mateen lulus dari University of London pada 2016 dengan gelar Master of Arts dalam Studi Internasional dan Diplomasi.

Bukan hanya tampan, Pangeran Mateen juga memiliki berbagai prestasi baik dalam akademis maupun dalam bidang olahraga. Tak heran banyak orang terpesona dengan sosoknya.

Berikut tujuh fakta tentang Pangeran Mateen yang menarik untuk diketahui:

Perpaduan setelan jas dengan tubuh atletisnya bukan hanya menghasilkan penampilan yang mewah, tapi juga tampilan yang sempurna.

Prince Mateen aktif mengikuti berbagai kegiatan atletik. Seperti snorkeling, skydiving, golf, ski, mendayung, tinju, bulu tangkis, hingga menunggang kuda untuk bermain polo.

Bahkan, ia berhasil menorehkan prestasi pada salah satu olahraga favoritnya, polo dengan mewakili negaranya dalam SEA Games pada tahun 2017 dan 2019.

Setelah menyelesaikan program sarjana di King's College London, Pangeran Mateen lulus dengan gelar Sarjana Seni Politik Internasional dari Unicversity of London pada musim panas 2014.

Dan pada tahun 2016, ia dianugerahi gelar Master of Arts dalam Studi Internasional dan Diplomasi setelah menyelesaikan program pascasarjana di School of Oriental and African Studies, London.

Kursus ini berlangsung selama 44 minggu dan sangat melelahkan - pada satu titik, ia harus menggali parit selama tiga hari tanpa henti, dan jika ia mulai tertidur, para perwira komandan akan menendangnya untuk membangunkannya.

Ia juga harus berjalan ke tujuh gunung dalam waktu 24 jam selama pertandingan sepanjang 46 mil.

Terlepas dari kesulitan – kesulitan itu, Pangeran Mateen justru bersyukur bahwa hal tersebut telah membuatnya kuat secara mental dan fisik.

Ia juga menyebut bahwa kelulusannya dari akademi militer adalah hal terbesar yang pernah ia lakukan.

Selain itu, ayahnya juga memiliki helikopter sendiri, sehingga ia tentu memiliki banyak kesempatan untuk berlatih.

Pangeran Mateen juga telah dianugerahi RAF Wing Badge oleh ayahnya, itu berarti ia telah memenuhi syarat sebagai pilot helikopter.

Menurut GQ, yang pernah mewawancarainya pada tahun 2016, ia selalu mengakhiri setiap kalimat dengan "terima kasih".

Pangeran mengatakan, terlepas dari kemewahan yang datang dengan posisinya, penting untuk tetap membumi dan rendah hati pada saat yang sama, dan ia memuji tiga teman terdekatnya yang selalu menjaganya tetap rendah hati.

Ia terlihat sangat dekat dengan sang Ibu, Puan Mariam binti Abdul Aziz.

Kedekatan ini terlihat dari seringnya Pangeran Mateen muncul bersama ayah dan ibunya di berbagai acara resmi kenegaraan.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak bagaimana sosoknya, bisa mengunjungi akun Instagram Pangeran Mateen di @tmski.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/11/161949820/7-fakta-menarik-pangeran-mateen-putra-sultan-hassanal-bolkiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke