Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi yang Mempermudah Meditasi

KOMPAS.com - Meditasi telah ada sejak beribu-ribu tahun lalu, namun baru belakangan ini kembali populer karena banyak orang telah merasakan manfaatnya.

Menurut National Institute of Health, meditasi secara teratur dapat menurunkan kecemasan, mengurangi stres, serta meningkatkan kualitas tidur.

Namun, memulai meditasi bukan perkara mudah, dan bahkan bisa menyebabkan stres. Barangkali kita bertanya-tanya, berapa lama waktu ideal yang dibutuhkan untuk meditasi atau bagaimana supaya bisa fokus, apakah mata harus terpejam, dan masih banyak pertanyaan lain.

Karena di era pembatasan jarak ini kita hanya bisa melakukan meditasi di rumah, setidaknya sepuluh aplikasi ini dapat membantu kita memulai meditasi:

Headspace

Headspace adalah aplikasi meditasi paling populer yang menawarkan ratusan panduan untuk membantu kita tidur, fokus, atau lebih bersemangat.

Mereka yang menikmati aktivitas fisik akan tertarik dengan mode bergerak, yang mencakup latihan singkat seperti yoga hingga latihan kardio ringan.

Headspace membebankan biaya sebesar 5,83 dollar AS - 12,99 dollar AS (sekitar Rp. 90.000 - Rp. 200.000) per bulan. Namun kita bisa mengakses latihan gratis di www.headspace.com/covid-19. Aplikasi ini dapat diunduh di Apple Store dan Google Play.

Calm

Aplikasi Calm direkomendasikan bagi pemula dan mereka yang tidak punya banyak waktu. Sesi panduan meditasi dimulai dalam waktu tiga menit, dan ada pilihan jika kita ingin sesi panduan yang lebih lama.

Menariknya, kita dapat memilih untuk fokus pada beberapa bidang sesuai keinginan kita, seperti rasa terima kasih, kecemasan, atau harga diri.

Calm dapat diunduh secara gratis di Apple Store dan Google Play, namun menawarkan sejumlah konten berbayar di dalamnya.

Aura

Aura menawarkan meditasi pribadi berdasarkan suasana hati apa pun yang kita pilih. Terdapat juga musik yang menenangkan, cerita, dan program pembelajaran hidup.

Aplikasi ini dapat diunduh di Apple Store dan Google Play, dengan opsi pembelian konten berbayar.

Insight Timer

Melalui aplikasi Insight Timer, kita dapat berlatih dengan beberapa tokoh terkenal dunia, seperti Tara Brach, PhD (pendiri Insight Meditation Community of Washington), Gil Fronsdal (PhD di Stanford University), dan musisi Moby.

Insight Timer merupakan aplikasi gratis dengan opsi pembelian konten di dalamnya, dan dapat diunduh di Apple Store maupun Google Play.

Smiling Mind

Mindfulness adalah bagian penting dari meditasi, dan aplikasi Smiling Mind akan membantu kita untuk belajar memperolehnya.

Smiling Mind dikembangkan oleh seorang psikolog yang bertujuan untuk meningkatkan fokus, kualitas tidur, dan menurunkan stres. Aplikasi ini gratis dan dapat ditemukan di Apple Store dan Google Play.

Simple Habit

Jika kita merasa sulit menyempatkan waktu untuk meditasi, coba aplikasi ini. Simple Habit diklaim sebagai aplikasi meditasi bagi mereka yang sibuk.

Rekaman video berdurasi pendek di aplikasi ini dapat dipraktikkan meski kita sedang dalam perjalanan. Terdapat panduan untuk meningkatkan hampir setiap aspek di hidup kita, termasuk hubungan asmara dan seks.

Aplikasi Simple Habit menawarkan opsi pembelian konten, dan bisa kita unduh di Apple Store dan Google Play.

10% Happier

Berdasarkan buku yang ditulis oleh jurnalis Dan Harris, aplikasi 10% Happier ditujukan bagi orang-orang yang meragukan manfaat meditasi.

Setiap sesi meditasi disajikan dalam pendekatan langsung dan diselingi unsur humor. Konten baru di aplikasi ini dirilis setiap minggu.

Sama seperti banyak aplikasi meditasi yang disebutkan di atas, 10% Happier bebas diunduh secara cuma-cuma di Apple Store dan Google Play, serta menawarkan opsi in-app purchase.

Journey

Journey merupakan aplikasi yang menawarkan meditasi secara live, sangat cocok buat kita yang sering mendatangi kelas meditasi.

Aplikasi ini adalah aplikasi berbayar dengan biaya 19,99 dollar AS atau setara Rp. 314.000 per bulan, dan bisa kita unduh di Apple Store serta Google Play.

Glo

Kendati terbilang mahal, Glo bukan sekadar aplikasi meditasi. Kita dapat menemukan latihan yoga dan pilates sesuai berbagai tingkat pengalaman, dan seluruh latihan tesebut dipandu oleh instruktur ternama.

Aplikasi Glo bisa diunduh di Apple Store dan Google Store, dengan biaya sebesar 22,99 dollar AS atau sekitar Rp. 360.000 per bulan.

Sattva

Aplikasi Sattva menawarkan meditasi yang berbeda. Kita dapat menikmati alunan Sansekerta, mantra, dan musik. Coba gunakan mood tracker sebelum dan sesudah meditasi untuk mengetahui perkembangan kita.

Sattva merupakan aplikasi berbayar di Apple Store dan Google Play, dengan biaya 12,99 dollar AS atau setara Rp. 200.000 per bulan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/14/132939820/aplikasi-yang-mempermudah-meditasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke