Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saat Isolasi, Tantang Dirimu dan Mulailah Memotret Diri Sendiri...

Jika itu yang terjadi, ada baiknya kamu memperhatikan artikel ini.

Anete Lusina salah satu penulis di laman fstoppers.com, mempertanyakan, mengapa tidak kita tetap memotret dengan menggunakan subjek yang "paling menantang", tetapi juga menarik, yaitu, diri kita sendiri?

Jika kamu mau, maka kamu bisa membuat semacam proyek bulanan sederhana untuk mengasah kemampuan fotografi, dengan cara yang mudah di rumah.

Jadi, pertimbangkanlah untuk belajar memotret diri sendiri.

Dia menyebut, meskipun kita tidak dapat keluar dan berhadapan langsung dengan subjek yang biasa dipotret, kita dapat menantang diri untuk membuat satu potret diri, sekali sehari selama sebulan.

Bagian yang sulit dalam proyek ini adalah bekerja dengan diri sendiri setiap hari, dan menemukan cara yang pas untuk memotret di sekitar rumah.

Namun, justru karena tantangan itulah yang membuat proyek ini menjadi cara yang bagus untuk mengembalikan kreativitas ke dalam hidup kita, tanpa harus meninggalkan rumah.

Memang, ada yang berpendapat, memotret orang lain akan jauh lebih mudah daripada harus memotret diri sendiri.

Cobalah. Begitu kamu mulai memotret diri sendiri, kamu tidak hanya menjadi kritis terhadap keterampilan sebagai seorang fotografer, tetapi juga mulai memperhatikan hal-hal lain.

Sebutlah soal ekspresi, bahasa tubuh, dan apakah wajah dan tubuh tampil secara sinkron satu sama lain.

Sangat mudah untuk menciptakan gambar yang menunjukkan keahlian kamu, Tapi, ingatlah, mengasak keunikan dan kualitas lain yang -mungkin, kamu tidak sukai, bisa melengkapi skill ke depan.

Kita semua memiliki bagian-bagian tertentu dari diri yang tidak kita yakini. Tetapi memotret diri sendiri dari segala sudut mungkin pula akan memberi kesempatan kita untuk belajar mencintai diri sendiri.

Lalu, dari sana kita pun akan belajar secara keseluruhan, dan menemukan sesuatu yang baru tentang diri sendiri.

Kamu tentu tak harus selalu menampilkan wajah. Tak perlu juga selalu berdandan dengan pakaian yang rumit, serta menata pemandangan sedemikian rupa.

Kecuali hal itu merupakan minat tersendiri, maka kesederhanaan pun bisa menjadi pilihan dalam "proyek" ini.

Lihatlah ke sekeliling rumah, dan temukan bagian kecil yang dapat membantu membuat gambar menarik di setiap hari selama sebulan.

Gunakan latar belakang yang berbeda untuk menggabungkan diri dalam berbagai adegan. Atau bisa pula meletakkan fokus pada detail kecil, seperti tangan, atau gumpalan rambut.

Jangan langsung meraih headshot yang biasa, tapi cobalah kenali variasi dan sudut berbeda dalam komposisi kita.

Secara pribadi, Anete Lusina mengaku menemukan kenyataan, melakukan potret diri sederhana bisa sangat terapeutik, terutama selama waktu yang penuh tekanan dan tidak pasti seperti sekarang.

"Saya menggunakannya sebagai kesempatan untuk beristirahat sejenak dari segalanya, dan itu memberi saya alasan untuk secara aktif dan sadar menikmati dan menghabiskan waktu sendirian," kata dia.

"Saya tidak memilih untuk menggambarkan emosi tertentu setiap kali, tetapi membiarkan momen itu membawa saya ke mana pun ia pergi."

"Jika saya melihat potongan indah sinar matahari menyinari dinding saya, saya akan mengambil kamera dan menciptakan sesuatu," sambung dia.

"Saya tidak selalu tahu apa yang akan terjadi, tetapi saya menikmati prosesnya, meskipun hanya membutuhkan waktu lima menit," sebut Lusina.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mulai mencoba memotret diri sendiri bulan ini? Yuk...

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/14/142320620/saat-isolasi-tantang-dirimu-dan-mulailah-memotret-diri-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke