Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Alami Hilangkan Bau pada Kulkas

Kulkas yang berbau itu tentu bisa memengaruhi aroma makanan yang disimpan. Itu sebabnya sangat penting untuk melakukan detoks pada isi kulkas agar kesegaran aromanya tetap terjaga.

Langkah pertama untuk menyingkirkan bau tidak sedap adalah membersihkan kulkas secara menyeluruh.

Cabut colokan listrik, keluarkan isinya, dan lap seluruh permukaan dan rak dengan teliti. Periksa apakah setelan suhunya sudah tepat, apakah ada makanan yang sudah busuk, atau sistem pembuangannya tidak tersumbat.

Untuk menghilangkan bau pada kulkas, kita bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, yaitu:

1. Kopi bubuk
Tuang bubuk kopi dalam wadah kecil dan kering, lalu letakkan di sudut kulkas untuk menyerap bau tak sedap. Biasanya bau tidak enak itu akan hilang setelah beberapa hari. Jika tidak ada kopi kita bisa menggunakan oat kering atau arang bubuk (activated charcoal) yang bisa didapatkan di toko hewan peliharaan.

2. Baking soda
Baking soda dan air merupakan pembersih alami yang efektif dan bisa digunakan pada hampir semua permukaan di rumah. Untuk menghilangkan bau di kulkas, gunakan spons lembab dan baking soda untuk mengelap semua bagian di dalamnya.

Seperti kopi bubuk, letakkan semangkuk kecil baking soda di sudut kulkas untuk menyerap bau dan ganti setiap tiga bulan.

3. Vinegar
Asam cuka atau vinegar juga termasuk pembersih alami untuk rumah. Untuk pembersihan ringan, masukkan white vinegar dan air hangat ke dalam botol spray lalu semprotkan ke bagian dalam kulkas.

Asam cuka dapat menetralkan semua bau tidak sedap dan tingkat keasamannya cukup efektif untuk menghancurkan sisa makanan yang tumpah ke permukaan kulkas. Setelah itu lap dengan kain bersih untuk menghilangkan aroma vinegar yang kuat.

4. Vanila
Alternatif lain adalah menggunakan vanilla. Caranya, rendam kapas pada ekstrak vanilla lalu tinggalkan di dalam kulkas untuk memberikan aroma yang lezat.

5. Lemon
Letakkan beberapa iris lemon di dalam kulkas selama beberapa hari (segeralah buang jika lemon mulai layu dan ganti dengan yang segar ). Lemon dapat menyerap aroma tidak sedap dan menggantinya dengan bau yang sangat segar. Selain lemon kita juga bisa memakai kulit jeruk.

Setelah kulkas tidak berbau, pastikan kita melakukan penyimpanan dengan tepat. Gunakan wadah kedap udara dan bersihkan tumpahan sisa makanan dengan segera.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/14/203300020/cara-alami-hilangkan-bau-pada-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke