Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Batuk Melanda, Coba 9 Obat Batuk Alami Ini

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, pilek, flu, dan batuk adalah tiga serangkai penyakit musiman yang tidak bisa dipisahkan. Saat batuk melanda, tentunya Anda akan merasa sangat tersiksa, terutama di malam hari saat batuk bertambah parah.

Meskipun umumnya tidak berbahaya, tetapi batuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat kita merasa kesal.

Bila obat batuk di apotek habis atau ingin mencoba alternatif alami, Anda dapat menggunakan obat batuk alami yang tersedia di rumah ataupun supermarket.

Apa saja obat batuk alami yang bisa dicoba?

Obat batuk alami bisa digunakan sebagai alternatif dari obat batuk di apotek yang dibuat dari kandungan senyawa kimia yang dapat menimbulkan efek samping berupa mengantuk. Berikut adalah beberapa obat batuk alami yang bisa dicoba.

1. Air

Jangan melihat terlalu jauh, segelas air yang berada di genggaman Anda bisa membantu meringankan batuk, mengatasi tenggorokan kering, dan mengencerkan dahak. Minum air yang hangat juga dapat memberikan rasa nyaman di tenggorokan.

2. Uap

Menghirup uap dari air panas dapat menjadi salah satu obat batuk alami yang membantu meringankan batuk. Anda dapat menambah beberapa minyak esensial, seperti peppermint ke dalam air panas.

3. Air garam

Tidak perlu bingung, cukup ambil garam dari dapur sebanyak ¼ atau ½ sendok teh untuk dicampurkan ke dalam 236 mililiter air. Kumur campuran air garam tersebut mengatasi batuk dan tenggorokan kering.

Sebaiknya hindari memberikan kumuran air garam kepada anak di bawah enam tahun karena mereka masih belum bisa berkumur dengan baik.

4. Jahe

Anda dapat mengunyah jahe begitu saja ataupun mencampurkan bubuk jahe dengan madu atau teh.

5. Nanas

Nanas tidak hanya lezat dan segar untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat menjadi obat batuk alami. Kandungan enzim bromelain dalam nanas berperan dalam mengatasi batuk dan meringankan dahak.

Anda dapat mengonsumsi satu potong nanas atau meminum jus nanas sebanyak 103 mililiter tiap harinya sebanyak tiga kali sehari. Akan tetapi, jangan konsumsi nanas bila Anda meminum obat pengencer darah atau antibiotik.

6. Madu

Anda bisa menuangkan dua sendok teh madu dengan teh, air hangat, ataupun air lemon. Anda juga bisa menaruh madu ke roti atau biskuit sebagai selai. Namun, jangan berikan madu untuk anak yang berusia di bawah satu tahun.

7. Peppermint

Peppermint memberikan rasa segar di mulut dan membantu meredakan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan.

Anda dapat meminum teh peppermint atau menghirup uap peppermint dengan memasukkan tiga atau empat tetes minyak peppermint dalam 150 mililiter air panas.

8. Probiotik

Uniknya, probiotik secara tidak langsung dapat menjadi salah satu obat batuk alami yang bisa dicoba, karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan menyeimbangkan mikroorganisme dalam perut.

Anda bisa mencoba mengonsumsi yogurt, kimchi, ataupun makanan probiotik lainnya.

9. Mentol

Mentol sebenarnya terbuat dari kandungan yang berada dalam peppermint. Namun, bila Anda ingin sesuatu yang praktis, Anda dapat dengan mudah mengoleskan mentol ke bagian dada untuk melegakan pernapasan.

Bila sudah mencoba obat batuk alami di atas dan batuk tidak kunjung sembuh, Anda bisa mencoba obat di apotek ataupun berkonsultasi ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/15/152500620/ketika-batuk-melanda-coba-9-obat-batuk-alami-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke