Salin Artikel

Layak Dicontoh, Pola Asuh ala David dan Victoria Beckham

KOMPAS.com - David dan Victoria Beckham mungkin merupakan salah satu pasangan paling terkenal dan glamor.

Namun, kesibukan berkarier tak membuat mereka abai dalam mengasuh keempat anaknya, Brooklyn (21), Romeo (17), Cruz (15), dan Harper (8).

Bahkan, baik David maupun Victoria sama-sama sering mengunggah foto kebersamaan dengan anak-anaknya di media sosial. Meski menjadi anak figur ternama, anak-anak mereka tampak tetap sopan, membumi, dan baik.

Lalu, seperti apa pola asuh yang diterapkan David dn Victoria untuk keempat anak mereka?

1. Mengajak anak saling membantu

David dan Victoria menumbuhkan kebiasan saling membantu di tengah keluarga. Di masa pandemi Covid-19 ini, misalnya, ketika semua anggota keluarga harus berdiam di rumah dalam waktu yang lebih lama.

Melalui akun Instagram mereka, kita bisa melihat salah satunya ketika si bungsu Harper membantu ayahnya memanggang kue dan menjadi usher di bioskop rumahan mereka.

2. Sopan

David dan Victoria mengajarkan kepada anak-anak pentingnya berperilaku yang baik. Dalam sebuah berita yang dipublikasikan oleh Daily Mail, Beckham menyampaikan bahwa anak-anak terbiasa mengucapkan "tolong" dan "terima kasih" sejak masih berusia dua atau tiga tahun.

Victoria mengonfirmasinya pada wawancara terpisah.

"Kami orangtua yang sangat ketat dalam ini. Penting bagi kami bahwa anak-anak memiliki tata krama yang baik," ungkapnya pada Food Morning Britain.

3. Membangun suasana rumah yang seru

Menciptakan suasana rumah yang menyenangkan menjadi tujuan dari pasangan yang menikah pada 1999 itu. Kemampuan mereka mengontrol anak-anak remaja dalam satu rumah patut diacungi jempol.

Meski membangun suasana yang menyenangkan, mereka selalu menerapkan pada anak-anak mereka untuk bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan.

Suasana rumah yang seru bahkan seringkali membuat anak-anak David dan Victoria membawa teman-temannya ke rumah.

4. Mengawasi media sosial

Putra sulung mereka, Brooklyn, kini sudah dewasa dan kita tentunya berpikir dia mengelola sendiri media sosialnya. Namun, hal itu tidak dilakukannya sejak usia remaja.

Ketika Brooklyn masih berusia 15 tahun, David menyampaikan kepada ABC bahwa ia sebagai orangtua mengawasi apa yang diunggah putranya ke media sosial.

"Kami (orangtua) mengontrol semua yang dia unggah, apapun yang dia lakukan, begitu juga pada anak-anak kami yang lain," ungkapnya.


5. Mengajari bersyukur

Salah satu nilai penting yang mereka ajarkan kepada anak-anak adalah tetap bersyukur. Kepada Grazia, Victoria mengatakan, bahwa mereka menjelaskan kepada anak-anak tentang hak-hak istimewa yang sudah keluarga mereka miliki dalam hidup.

Sebagai orangtua mereka memberi contoh beberapa tempat di dunia yang masih kelaparan, tidak punya rumah dan sakit. Hal ini membuat keempat anak mereka memahami pentingnya membantu orang lain.

"Romeo, misalnya, pernah menyelenggarakan marathon anak awal tahun ini dan menggalang uang cukup banyak lewat sponsor, yang hasilnya ia bagi untuk organisasi amal David dan UNAIDS," kata Victoria.

6. Membuat perencanaan

David dan Victoria adalah orang yang sibuk dengan karirnya masing-masing. Namun, mereka ternyata membuat perencanaan agar mereka berdua tidak ke luar rumah dalam waktu yang bersamaan.

"Jadi salah satu dari kami pasti di rumah," katanya kepada the Telegraph. 

Atau, jika salah seorang anak mereka memerlukan dukungan orangtuanya dengan kegiatan yang mereka jalani, David dan Victoria akan datang. Misalnya, ketika Harper mendapatkan hadiah dari sekolah.

Victoria mengaku hal ini lumayan menantang, namun mereka dikelilingi orang-orang hebat yang bisa memastikan semua pekerjaan berjalan dengan baik.

Bagi mereka, anak-anak adalah prioritas.

"Kami bekerja keras menyeimbangkan segalanya di antara keluarga, karena prioritas kami adalah anak-anak, sesederhana itu, dan akan selalu begitu. Namun, bekerja keras adalah hal terbaik yang juga bisa kita ajarkan pada anak-anak," ungkap David.

8. Pentingnya etika kerja

Kita semua tahu Victoria adalah pekerja keras. Selain sukses sebagai penyanyi pop, ia juga menorehkan prestasi di bidang mode.

Meski uang yang dihasilkannya bersama sang suami sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka, bukan berarti anak-anak mereka hanya bersantai. Brooklyn bahkan memiliki sebuah kedai kopi sendiri di London Barat.

Menanamkan etika kerja keras menjadi nilai lainnya yang ditanamkan oleh David dan Victoria.
 
"Mereka tidak akan menjadi anak-anak yang cuma bermalas-malasan di rumah dan tidak melakukan apa-apa. Mereka akan bekerja," kata eks personel Spice Girls itu.

9. Memilih jalan hidup sendiri

Kita semua tahu bahwa David punya karier yang cemerlang di dunia sepak bola. Kini, mantan kapten tim nasional Inggris itu juga memiliki klub sendiri di MLS.

Meski begitu, baik David maupun Victoria tidak pernah memaksa anak-anak mereka mengikuti karier orangtuanya. 

Brooklyn juga pernah mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara bersama Teen Vogue di 2015.

"Aku suka sepak bola, tapi aku juga sangat suka dengan fotografi dan film. Saat ini aku masih terbuka dengan kemungkinan apapun," katanya.

Kini, kita bisa lihat Brooklyn lebih banyak berkarier sebagai fotografer dan model, seperti yang juga dilakukan sang ayah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/16/153118920/layak-dicontoh-pola-asuh-ala-david-dan-victoria-beckham

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.