Salin Artikel

Benarkah Afrodisiak dapat Merangsang Gairah Seksual?

KOMPAS.com - Berhubungan seks dengan pasangan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain mendapat kepuasan fisik, Anda bisa juga merasa lebih dekat secara emosional dengan pasangan.

Namun ada kalanya Anda membutuhkan gairah ekstra untuk bisa memuaskan pasangan. Itu sebanya mengapa banyak orang mencari cara untuk meningkatkan gairah seksual. Nah, pernahkah Anda mendengar istilah afrosidiak?

Afrosidiak adalah istilah untuk berbagai jenis makanan, minuman, ramuan, atau obat yang dipercaya dapat meningkatkan birahi.

Sejak zaman dulu, berbagai budaya di dunia memiliki afrosidiaknya sendiri-sendiri. Di Asia, ginseng dipercaya dapat meningkatkan gairah dan stamina para pria di ranjang.

Sementara suku Aztec di Amerika Tengah percaya bahwa cokelat adalah rahasia keperkasaan pria.

Di Indonesia sendiri, ada yang percaya bahwa mengonsumsi “sate torpedo” yang terbuat dari penis kambing atau meminum darah ular dapat meningkatkan performa di atas ranjang.

Tapi benarkah afrosidiak dapat meningkatkan gairah seksual?

Dari sudut pandang sejarah dan ilmiah setelah mengonsumsi makanan afrodisiak, gairah seks umumnya muncul karena dipengaruhi oleh sugesti atau efek plasebo.

Tapi secara medis, tidak semuanya terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan gairah seks.

Ada makanan afrodisiak yang kurang berefek sehingga perlu dikonsumsi dalam jumlah besar dan rutin agar terasa khasiatnya. Namun itu pun berisiko merusak kesehatan karena Anda jadi terdorong untuk mengonsumsi sesuatu dengan porsi yang berlebihan.

Memang benar ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan libido. Namun, hal tersebut seringkali adalah efek plasebo.

Efek plasebo merupakan keyakinan bahwa ada sesuatu yang membantu kita merasakan terapeutik.

Contohnya jika seseorang berpikir bahwa makan tiram akan meningkatkan dorongan seksual dan staminanya, maka antisipasinya terhadap efek tersebut semakin kuat dan dapat membantunya menjadi kenyataan.

Makanan afrodisiak yang dapat meningkatkan libido

Jika Anda tertarik untuk mencoba makanan apa saja yang bisa menjadi afrosidiak, berikut ini adalah beberapa makanan yang umum dan dipercaya dapat meningkatkan gairah seskual.

Cokelat

Tidak hanya enak, mengonsumsi cokelat juga dapat menaikan nafsu saat berhubungan seks. Cokelat dapat membantu pelepasan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh sehingga mood terasa bahagia.

Ginseng merah

Ginseng merah merupakan ramuan populer di pengobatan Cina. Ginseng merah umumnya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk libido rendah dan fungsi seksual.

Beberapa penelitian membuktikan ginseng merah dua kali lebih efektif daripada plasebo dalam meningkatkan fungsi ereksi.

Kacang pistachio

Selain dapat mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, kacang pistachio juga dapat merangsang aliran darah yang lebih baik ke seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi kacang pistachio 3,5 ons per hari selama tiga minggu dapat meningkatkan aliran darah ke penis dan ereksi yang lebih kuat.

Saffron

Saffron merupakan rempah yang berasal dari bunga Crocus sativus yang bersifat antidepresan. Sebuah studi membuktikan, wanita yang mengonsumsi saffron memiliki tingkat gairah yang lebih tinggi.

Buah-buahan

Buah-buahan seperti pisang, strawberry, apel, dan alpukat dipercaya sebagai makanan peningkat gairah seks. Buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin.

Tiram

Tiram mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar testosteron dan estrogen. Tiram juga merupakan sumber zinc yang dapat membantu aliran darah ke organ seksual pada wanita dan pria.

Meski efeknya mungkin tidak signifikan, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa makanan tadi. Karena sebagian besar afrosidiak memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh.

Selain mencoba makanan afrodisiak, Anda pun bisa berkonsultasi ke dokter jika mengalami kendala seksual dengan pasangan.

Rekomendasi dan solusi dari dokter bisa membantu kehidupan seksual lebih sehat, dan mendeteksi masalah medis seksual.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/17/132524420/benarkah-afrodisiak-dapat-merangsang-gairah-seksual

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.