Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Detri Warmanto Bisa Isolasi Mandiri di Rumah Saat Terinfeksi Corona

KOMPAS.com— Artis peran Detri Warmanto berbagi pengalamannya saat dinyatakan telah terpapar virus corona dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kisah berawal saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Setelah itu, semua menteri dan keluarga dari Kabinet Indonesia Maju diminta untuk menjalani tes virus corona.

Detri yang merupakan menantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, Tjahjo Kumolo, ikut menjalani tes tersebut dan dinyatakan positif.

Karena tak merasakan gejala apapun, Detri mengaku sempat merasa optimis bahwa ia tak terinfeksi virus corona baru tersebut.

“Ternyata dokter memberitahukan tiga orang di rumah saya positif yakni, driver, asisten ibu mertua dan saya,” ujar Detri dalam live Instagram bersama @guesehat, Senin (20/4/2020).

Mendapatkan hasil itu, Detri merasa kaget. Ia bahkan sempat menyangka bahwa hasil tes itu salah diagnosa. Rupanya ia termasuk dalam Orang Tanpa Gejala (OTG).

Detri lantas menanyakan pada dokter apa yang harus ia lakukan. Pemain sinetron Cinta Fitri ini disarankan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun ia merasa tak puas dengan saran tersebut.

“Saya tanya apakah ada obat khusus atau multivitamin khusus dibilang enggak enggak ada, dokter bilang self healing,” ujar Detri lagi.

Selama menjalani isolasi mandiri, Detri merasa baik-baik saja. Ia pun menjalani hidup sehat, berolahraga ringan dan tidur secara teratur. Namun pada hari ke 10, tiba-tiba muncul batuk.

“Saya mulai psikotomatis di hari ke 10. Mungkin karena orang banyak yang nanya, mulai (timbul) batuk segala macem,” ungkapnya.

Munculnya batuk tak menyurutkan keinginan Detri untuk segera sembuh. Ia mengaku tetap optimis akan pulih secepatnya.

“Hikmah buat saya jadi banyak, disiplin bagus, mutivitamin, pola tidur, olahraga, sinar matahari. Tadinya jarang tuh saya lakuin, ini sih hikmahnya luar biasa,” katanya.

Kini Detri hasil tes telah menyatakan bahwa ia telah terbebas dari virus corona. Namun, ia mengaku tetap menjalankan semua anjuran pemerintah yakni melakukan pembatasan fisik.

“Saya ngobrol sama saudara yg ada di rumah sebisa mungkin jarak semeter lah. Bukan parno, lebih waspada,” katanya.

Ia pun menghimbau masyarakat agar tetap disiplin menjaga jarak dan tetap waspada.

“Kita jangan parno, jangan panik, jangan stres tapi tetep waspada aja, kalau parno panik timbul arah negatif,” ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/20/194647920/alasan-detri-warmanto-bisa-isolasi-mandiri-di-rumah-saat-terinfeksi-corona

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.