Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Eksplorasi Budaya Minang dalam Koleksi Raya Ria Miranda

Ide koleksi ini diambil dari Bahasa Minang yang berarti "negeri", dipilih sebagai bentuk kerinduan Ria untuk pulang ke kampung halaman.

Tak hanya busana muslim perempuan, Nagari juga menyuguhkan pilihan koleksi busana keluarga, lengkap dengan mukena dan sajadah.

Semua kreasi ini tak hanya cocok digunakan untuk Hari Raya Idul Fitri, tapi juga momentum kebersamaan lainnya.

Koleksi Nagari didebutkan melalui sebuah digital showcase yang dilaksanakan Selasa (21/4/2020) kemarin.

"Eksplorasi (busana Minang) kali ini lebih dalam dan beragam karena menonjolkan budaya tanah kelahiranku dari berbagai aspek," kata Ria.

Ria memang sejak 2012 tak berhenti mengeksplorasi budaya Minang sebagai sumber inspirasi busana Hari Raya.

Representasi tradisi dan budaya Minang sangat kental pada koleksi raya kali ini, dengan kekuatan identitas ragam motif kain tenun songket dan batik Sumatera Barat.

Ciri khas Minang lainnya yang diadaptasi yaitu Rumah Gadang dan Jalan Kelok Sembilan yang semuanya dituangkan ke dalam potongan busana.

Mulai dari motif hingga modifikasi teknik sulam dan bordir layaknya baju tradisional khas Sumatera Barat, terlihat di sana.

"Dalam situasi pandemik seperti sekarang, jadi selalu berdoa setiap kali melihat dan mengenakan koleksi Nagari. Wahai ibu pertiwi, lekaslah sembuh dari wabah ini," ungkap Ria.

Tak hanya menyediakan busana Muslim keluarga yang cantik untuk dikenakan di Hari Raya, motif yang tersedia pun cukup mengakomodasi berbagai selera.

Perempuan penikmat pakaian full bermotif, misalnya, bisa memilih Bayur Top, atasan berbahan polyester yang kaya motif dan berwarna pastel -khas Ria Miranda.

Item berbahan polyester lainnya, Salapah Top, juga cocok buat kamu yang suka dengan atasan dengan motif ramai.

Basuo Dress juga sangat cocok bagi kamu yang suka dengan motif ramai. Dress berbahan polyester ini memiliki dua varian warna, peanut dan pale rose.

Sementara, jika kamu perempuan yang lebih menyukai aksen sederhana pada pakaian, cobalah Bungo Dress, dress bermotif lembut dan berbahan satin doff.

Kalaban Tunic juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang tidak terlalu menyukai motif yang ramai.

Atasan berbahan satin doff ini juga memiliki lapisan chiffon ceruti pada bagian luar yang bisa dijadikan outer cantik.

Koleksi Nagari dibanderol dengan harga mulai dari Rp 215.000 untuk item kerudung, hingga Rp 1,1 juta untuk kaftan abaya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/22/091029920/eksplorasi-budaya-minang-dalam-koleksi-raya-ria-miranda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke