Salin Artikel

Ada "Gerakan Nasi Bungkus" untuk PSBB dan Ramadhan...

KOMPAS.com - Sejumlah ibu terlihat sibuk memasak di dapur umum yang dikelola PKK Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Jumlah yang dimasak tak main-main. Sehari, mereka bisa membuat 500 nasi bungkus dan disebarkan kepada warga yang membutuhkan di kecamatan tersebut.

“Ini merupakan program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu),” ujar Ketua TP PKK Jabar, Atalia Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (22/4/2020).

Atalia menjelaskan, Gasibu diluncurkan dalam rangka bantuan sosial (bansos) kemasyarakatan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Setiap harinya, sambung Atalia, akan ada 500 nasi bungkus untuk menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh bantuan pemerintah.

“Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada warga yang kelaparan di tengah pandemi Covid-19,” tutur dia.

Saat ini, bantuan berupa uang tunai, sembako, dan lainnya dari pemerintah tidak mampu secara menyeluruh menghilangkan permasalahan kelaparan.

"Karena itu, bersama TP PKK Provinsi Jawa Barat, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan desa, kami bergerak untuk membuat nasi bungkus tersebut," imbuh dia.

Atalia menambahkan, meski Program Gasibu ini masih difokuskan di wilayah PSBB, ada beberapa daerah selain wilayah PSBB yang turut merealisasikan program ini, antara lain  Kabupaten Kuningan dan Sumedang.

Menurut dia, hal itu menjadi motivasi sekaligus bukti kepedulian sesama terhadap warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Menjelang Ramadhan, Atalia menegaskan, Program Gasibu terus berjalan dan pihaknya akan memantau pelaksanaan program tersebut.

"Untuk waktunya saja menjadi sore hari," kata dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/22/132103220/ada-gerakan-nasi-bungkus-untuk-psbb-dan-ramadhan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.