Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sengketa Logo "Klaw" dengan Nike, Kawhi Leonard Kalah

Sengketa tersebut menyangkut logo "Klaw" ketika Leonard masih menjadi brand ambassador untuk Jordan, beberapa musim lalu. Tepatnya ketika dia masih memperkuat klub Spurs, San Antonio.

Laman TMZ Sports melaporkan, hakim yang memimpin persidangan memutuskan, desain Nike adalah bagian independen dari kekayaan intelektual yang disatukan oleh tim desainer perusahaan tersebut.

Hasil tersebut berbeda dengan sketsa awal Leonard yang menjadi awal ide logo itu. Sehingga, Leonard tidak bisa memilikinya, dan menolak gugatan itu. 

Leonard sebelumnya mengaku mempunyai desain logo Klaw sejak masih kuliah di tahun 2009-2011. Dengan demikian, logo tersebut seharusnya adalah miliknya. 

Namun, Nike yang memutus kontrak kerjasama dengan Leonard di tahun 2018, menegaskan, logo tersebut menyangkut aspek hak cipta.

Selain itu, Nike juga menyanggah keterngan Leonard, dengan mengatakan, desain yang direkayasa oleh para desainer Nike berbeda dengan sketsa kasar yang dirancang Leonard pada tahun 2011.

Ternyata, Hakim Distrik AS Michael W. Mosman yang memimpin persidangan tersebut setuju dengan pandangan Nike.

"Ini bukan sekadar karya turunan dari sketsa itu sendiri," kata dia dalam putusannya.

"Saya merasa desain itu baru, dan sangat berbeda dari desain yang lama," sambung dia.

Leonard menjalin kerjasama dengan Nike antara tahun 2011 dan 2018. Setelah didepak Nike, dia sekarang disokong oleh New Balance.

"Kawhi menaruh hati dan jiwanya ke dalam desain itu, sehingga kami jelas kecewa hakim memutuskan bahwa logo itu milik Nike dan bukan Kawhi," kata pengacara Leonard, Peter R. Ginsberg.

"Kami sedang mempertimbangkan opsi kami untuk melindungi kepentingan Kawhi," sambung dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/23/094930520/sengketa-logo-klaw-dengan-nike-kawhi-leonard-kalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke