Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Lemas, Ikuti Tips Puasa Sehat Berikut Ini

KOMPAS.com - Saat berpuasa, terjadinya perubahan pola makan serta berkurangnya aktivitas fisik merupakan hal yang wajar terjadi. Karena itu, kita perlu melakukan beberapa penyesuaian, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama bulan Ramadan.

Meski puasa identik dengan rasa lemas dan kantuk, bukan berarti kita harus merasakan hal yang sama. Ada beberapa tips puasa sehat yang dapat dicoba agar tubuh senantiasa bugar.

Berikut ini tipsnya, mulai dari saat sahur hingga berbuka.

1. Jangan lewatkan sahur

Sama seperti halnya sarapan, sahur juga sangat penting untuk dilakukan. Saat berpuasa, sahur akan membantu kadar cairan tubuh tetap terjaga, serta memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, hingga waktunya berbuka.

Makan sahur juga dapat mencegah kita makan berlebihan saat buka puasa akibat terlalu lapar. Sahur yang sehat harus memperhatikan asupan yang bergizi seimbang, dan mengandung karbohidrat kompleks, makanan tinggi serat, serta makanan tinggi protein.

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks bisa kita dapatkan dari oats, kacang-kacangan, dan gandum. Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga kita bisa kenyang lebih lama.

  • Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Kita dapat mengonsumsi kurma, sayur dan buah, gandum utuh, kentang, hingga biji-bijian.

  • Makanan tinggi protein

Makanan tinggi protein seperti telur, keju, yogurt, atau daging, juga dipercaya dapat membantu menyediakan tenaga bagi tubuh untuk beraktivitas seharian, meski sedang berpuasa.

2. Minum cukup air

Kita dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air serta mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan seperti sup, buah, dan sayuran.

Kebutuhan cairan tubuh dapat dipenuhi saat sahur maupun berbuka, untuk mengganti cairan yang hilang saat berpuasa.

3. Lakukan olahraga di waktu yang tepat

Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, disarankan untuk menunda olahraga hingga tiba waktunya berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh akan berada dalam keadaan terbaiknya dan kita pun diperbolehkan untuk minum.

Tunggu 2-3 jam setelah makan, untuk mulai berolahraga. Hal ini juga untuk memberikan waktu agar tubuh dapat mencerna makanan tersebut dengan sempurna.

Jangan lupa untuk banyak minum air saat sedang, maupun setelah berolahraga, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka

Meski saat berbuka semua makanan terlihat menggiurkan, kita perlu ingat untuk tidak berlebihan makan maupun minum saat berbuka.

Mulai kegiatan berbuka dengan mengonsumsi makanan ringan seperti kurma dan air putih, sebelum mengonsumsi makanan berat.

Kurma adalah sumber energi yang baik bagi tubuh. Buah yang satu ini juga membantu mengeluarkan enzim pencernaan, sebagai persiapan untuk masuknya makanan ke tubuh.

Kita juga disarankan untuk tidak makan terlalu cepat dan memberikan waktu bagi tubuh, mencerna makanan yang masuk.

5. Konsumsi makanan sehat saat sahur dan buka puasa

Kita juga boleh menghadiahi diri sendiri dengan makanan manis dan berlemak. Hanya saja, jangan mengonsumsi makanan tersebut terlalu banyak.

Perlu diingat, kita hanya memiliki sedikit waktu untuk makan dan minum saat bulan puasa. Sehingga, kita juga memiliki waktu yang lebih sedikit untuk memberikan asupan yang sehat serta mengandung gizi seimbang, bagi tubuh.

Hal ini membuat konsumsi makanan serta minuman sehat sangatlah penting, saat sedang berpuasa.

Menjaga pola makan yang dilakukan saat puasa tidak hanya dapat memberikan dampak jangka pendek untuk kesehatan.

Kebiasaan ini juga mampu memberikan manfaat dalam jangka panjang, karena dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung, dan obesitas.

Oleh karenanya, tips puasa sehat di atas dapat diaplikasikan sehari-hari, selain di bulan Ramadan. Selain itu, jangan lupa rutin berolahraga, untuk menjaga kebugaran tubuh.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/27/125605820/hindari-lemas-ikuti-tips-puasa-sehat-berikut-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke