Salin Artikel

Rambut Rontok Selama Masa Isolasi, Ini Sebabnya

KOMPAS.com - Saat kita berada di rumah selama masa lockdown, kita tidak bertemu orang-orang. Akibatnya, beberapa orang tidak lagi menjalani rutinitas perawatan rambut yang biasa kita lakukan ketika harus menjaga penampilan.

Ternyata keterlambatan dalam perawatan rambut ini adalah alasan utama di balik kerontokan rambut yang kita alami selama work from home.

Untuk mencegah situasi menjadi lebih buruk, coba kenali apa saja kesalahan yang mempercepat rambut rontok dan cara memperbaikinya.

1. Tidak menjalankan rutinitas perawatan rambut

Kita memilih produk perawatan tertentu karena suatu alasan.  Produk ini memberi rambut kita nutrisi yang dibutuhkan dan menjaga kesehatannya sehingga menyelamatkan kita dari masalah pada rambut.

Masa karantina membuat kita malas sehingga sebagian besar dari kita melewatkan beberapa langkah dalam rutinitas perawatan rambut.

Karena rambut kita terbiasa akan perawatan, setiap perubahan yang terjadi dapat memberi  hasil buruk, termasuk rambut rontok yang ekstrem.

Guna mencegah rambut rontok, kita perlu melanjutkan tata cara perawatan rambut seperti biasa.

2. Menunda keramas

Kita biasanya sudah memiliki jadwal keramas yang teratur. Namun karena tidak harus keluar rumah atau bertemu orang, kemungkinan kita malas mencuci rambut dan menundanya hingga satu atau dua hari.

Ini bukan cara yang sehat untuk rambut kita. Membiarkan rambut terlalu berminyak tanpa dicuci rupanya dapat mempercepat kerontokan rambut.

Tetaplah rutin keramas atau mencuci rambut jika kita ingin menghentikan rambut rontok.

3. Membiarkan rambut kusut

Ini adalah kesalahan yang kita semua pernah lakukan, yaitu tidak menyisir rambut.

Saat beraktivitas di rumah, kita tidak perlu menyisir rambut setiap pagi. Bahkan terkadang kita tidak menyisir rambut selama 2-3 hari berturut-turut.

Akibatnya, rambut akan menjadi kusut, dan ketika kita mengurainya banyak kerusakan pada rambut dan akhirnya rontok.

Poin penting yang perlu diketahui, menyisir rambut terlalu sering atau terlalu jarang tidak baik bagi rambut. Jadi lakukan sewajarnya.

4. Membiarkan rambut tanpa ditata 

Semakin sering kita membiarkan kondisi rambut, semakin besar kemungkinan rambut kita rusak.

Rambut yang dibiarkan saja lebih rentan terhadap kerusakan. Dan di situasi lockdown, banyak dari kita tidak menata rambut setiap hari.

Perlu diingat, situasi ini adalah momen yang tepat untuk menjelajahi berbagai gaya rambut. Jadi, lakukan riset dan kuasai setidaknya beberapa gaya rambut sambil menyelamatkan rambut kita.

5. Konsumsi junk food

Apa yang kita makan memiliki dampak besar pada kesehatan rambut. Diet kaya nutrisi  memberi rambut kita semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh, menguatkan akar dan mencegah rambut rontok.

Jadi, jika kita mengandalkan junk food karena malas memasak, bersiaplah untuk mendapati kondisi rambut yang buruk.

Menjaga pola makan kita adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/28/214036520/rambut-rontok-selama-masa-isolasi-ini-sebabnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.