Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Umur Panjang Mereka yang Berusia di Atas 100 Tahun

KOMPAS.com - Sistem pelayanan kesehatan dan pengetahuan memang terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun dan menciptakan hidup yang lebih berkualitas bagi banyak orang.

Namun, memiliki usia di atas 100 tahun tetap saja menjadi sesuatu yang tidak banyak dimiliki oleh orang-orang di belahan dunia manapun.

Mereka yang berhasil melampaui usia di atas 100 tahun ternyata punya kebiasaan-kebiasaan baik yang juga bisa kita ikuti.

Mulai dari kebiasaan makan hingga olahraga rutin, apa saja rahasia umur panjang mereka?

1. Makan enak

Jepang memiliki penduduk berusia 100 tahun ke atas paling banyak di dunia. Menurut Japan Times, pada 2018, negara itu memiliki 69.785 orang lebih yang berusia lebih dari 100 tahun dengan hampir 90 persen di antaranya adalah perempuan.

Misao Okawa pernah menyandang manusia dengan usia tertua di dunia hingga kematiannya pada usia 117 tahun di 2015.

Menurut Okawa, rahasia umur panjangnya adalah makan enak, terutama sushi. Selain itu, ia menganggap rutinitas tidur berkualitas menjadi penyebab lain dari usia panjangnya.

2. Meninggalkan pernikahan

Makan enak juga menjadi salah satu rahasia umur panjang dari Emma Morano, perempuan asal Italia yang meninggal pada usia 117 tahun di 2017.

Perempuan yang lahir pada 29 November 1899 itu mengatakan kepada BBC bahwa ia meyakini umur panjangnya disebabkan oleh gaktor genetik dan kebiasaan makan.

Morano rutin mengonsumsi tiga butir telur setiap harinya, dua di antaranya dikonsumsi mentah, selama lebih dari 90 tahun.

Morano tidak memiliki kehidupan yang mudah. Anak semata wayangnya meninggal di usia 6 bulan dan ia menjadi korban kekerasan dalam pernikahannya.

Ia meyakini bahwa keputusannya untuk meninggalkan pernikahan di 1938 juga berkontribusi terhadap umur panjangnya.

"Aku tidak lagi ingin didominasi oleh seseorang," katanya kepada the New York Times.

3. Kebaikan dan hidup sehat

Gertrude Weaver pernah menjadi orang dengan usia tertua di Amerika Serikat pada ulang tahunnya yang ke-116, Juli 2014.

Kepada Time, Weaver mengatakan kunci umur panjangnya adalah kebaikan, menghindari minum dan merokok, serta banyak tidur berkualitas.

Kebiasaan hidup tersebut membuatnya tidak memiliki penyakit kronis apapun dan ini jarang terjadi untuk orang pada usianya.

Ada pula warga asal Amerika Serikat lainnya, Duranord Veillard yang hidup hingga usia 111 tahun dan menjalani hidup sehat sepanjang usianya. Ia terbiasa mengonsumsi oatmeal dan buah segar untuk sarapan.

Ia menikah selama lebih dari 80 tahun berama dengan istrinya, Jeanne yang juga mencapai usia panjang, yakni 108 tahun. Mereka rutin mengonsumsi ikan dan sayuran untuk makan siang dan malam.

Selain hidup sehat, Veillard juga rajin berolahraga dan gemar melakukan push up lima hingga tujuh kali per hari.

4. Menghindari pria

Jessie Gallan, perempuan yang meninggal pada usia 109 tahun di 2015, pernah menjadi orang dengan usia tertua di Skotlandia.

Dalam sebuah wawancara bersama STV News, ia pernah mengungkapkan bahwa rahasia umur panjangnya adalah menghindari pria.

"Aku juga memastikan banyak berolahraga, makan bubur hangat setiap pagi dan tidak pernah menikah," ungkapnya.

5. Gen dan olahraga

Penyintas Holocaust, Alexander Imich adalah laki-laki tertua di dunia sebelum kematiannya pada 2014 lalu ketika berusia 111 tahun. Ia menyebutkan bahwa kunci umur panjangnya adalah gen yang baik dan berolahraga rutin.

Lahir di Polandia pada 1903, Imich pindah ke Amerika Serikat pada 1951.

"Dulu aku adalah pesenam. Pelari, peloncat dan pelempar lembing terbaik. Aku juga bisa berenang dengan cukup baik," katanya.

Imich juga tidak pernah minum alkohol, dan laki-laki yang pernah mendapatkan gelar pria tertua dunia dari Guiness World Records meyakini, kebiasaan tersebut juga berkontribusi terhadap usia panjangnya.

7. Makan lebih sedikit

Warga Jepang, Jiroemon Kimura pernah menjadi orang tertua dunia sebelum kematiannya pada 2013 di usia 115 tahun.

Dalam wawancara bersama the Guardian, Kimura mengatakan bahwa makan dalam porsi kecil, bangun pagi hari, dan rutin membaca koran adalah kunci umur panjangnya.

8. Tinggal bersama orang tercinta

Warga Indonesia, Mbah Gotho juga masuk ke dalam daftar orang-orang yang berhasil melampaui usia di atas 100 tahun. Menurut dokumen, ia mencapai usia 146 tahun. Menurutnya, tinggal bersama orang-orang tercinta adalah kunci umur panjang.

"Umur panjang adalah karena saya memiliki orang-orang yang mencintai saya dan mencari saya," ungkap dia.

Menurut pemberitaan yang kabarnya diverifikasi oleh pemerintah Indonesia, Mbah Gotho lahir pada Desember 1870, namun negara mulai mencatat tahun kelahiran pada 1900, sehingga topik ini masih terus menjadi perdebatan.

Mbah Gotho adalah seorang perokok berat hingga akhir hayatnya. Ia hidup bersama empat orang istri, 10 saudara dan anak-anaknya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/30/075805920/cerita-umur-panjang-mereka-yang-berusia-di-atas-100-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke