Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mematikan Kuman dengan Alat Sterilisasi Ultraviolet

KOMPAS.com- Selama pandemi ini banyak orang menjadi lebih peduli dengan kesehatannya. Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan juga mendisinfeksi permukaan di rumah, rutin dilakukan untuk mematikan kuman dan virus.

Walau demikian, terkadang ada beberapa benda pribadi yang luput dari proses pembersihan itu. Misalkan saja ponsel, mainan anak, atau kunci kendaraan.

Padahal, menurut penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Arizona, ponsel dan gadget bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman. Tidak hanya itu, jumlah kuman di ponsel bisa mencapai 10 kali lipat dibanding dudukan toilet.

Kemampuan sinar UV untuk mematikan kuman dan virus memang sudah terbukti. Saat ini, rumah sakit di China, London, dan Amerika Serikat juga sudah menggunakan lampu UV-C untuk melawan virus Covid-19.

Selain rumah sakit, beberapa bandara di Amerika Serikat, China dan Rusia juga menggunakan lampu UV-C untuk mensterilisasi virus di transportasi umum.

Dalam skala rumahan, saat ini juga sudah banyak dijual alat-alat sterilisasi portabel. Salah satu yang baru diluncurkan adalah Himax UVC Sterilization.

Menurut Brand Associate Himax Indonesia, Rudi, Himax UVC Sterilization mampu membersihkan barang-barang sehari-hari dan membersihkan buah dan sayuran segar jika kita ingin mengonsumsi salad atau buah segar.

“Produk ini juga mampu melakukan sterilisasi terutama untuk mainan anak-anak yang rentan dimasukkan ke mulut anak-anak. Sterilisasi hanya 10 detik dan lebih mudah dengan lampu indikator,” kata Rudi.

Ia menambahkan, produk sterilisasi ini juga sudah mendapatkan sertifikasi untuk kemampuan sterilisasinya dan telah lolos uji keamanan sehingga aman digunakan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

Permukaan halus

Kendati demikian, alat sterilisasi sinar UV-C lebih efektif jika dipakai pada permukaan yang halus dan rata.

Untuk menyiasatinya, jika kita ingin memakainya pada permukaan yang kasar, disarankan untuk membersihkannya dengan lap dulu sebelum memakai alat sterilisasi.

“Jika kita ingin membunuh semua mikroorganisme dengan alat sterilisasi portabel, permukaan harus terlebih dulu dibersihkan dari semua material, seperti debu, minyak, atau sel kulit,” kata ahli mikrobiologi Donald English seperti dikutip dari Today.com.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/30/185830620/mematikan-kuman-dengan-alat-sterilisasi-ultraviolet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke