Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Olahraga Setelah Waktu Berbuka Puasa, Baik atau Buruk?

KOMPAS.com - Banyak orang secara sadar maupun tidak, mengurangi aktivitas fisiknya di Bulan Ramadan.

Padahal, idealnya kita tidak hanya bermalas-malasan dan tetap bergerak meskipun sedang menjalani ibadah puasa.

Salah satu alasan mengapa banyak orang mengurangi aktivitas fisiknya di bulan puasa adalah karena merasa lemas. Padahal, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa berolahraga tanpa merasa lemas, yakni dengan memilih waktu yang tepat.

Sport Medicine Specialist, dr. Andhika Raspati, Sp.KO menyebutkan, ada tiga opsi waktu berolahraga di bulan puasa, yaitu pagi setelah santap sahur, jelang waktu berbuka, dan setelah berbuka.

Opsi berolahraga setelah berbuka menurutnya adalah pilihan paling aman. Sebab, berolahraga setelah sahur berpotensi menimbulkan dehidrasi, sementara pada waktu sebelum berbuka tubuh cenderung sedang dalam kondisi paling lemas karena gula darah rendah.

"Setelah berbuka paling aman karena kita bisa makan dulu dan setelah itu mau keringatan sampai basah juga enggak masalah karena bisa minum."

Demikian diungkapkannya dalam sesi Instagram Live bersama dr. Arti Indira M. Gizi, Sp. GK dan dr. Teuku Adifitrian, SpBP-RE (dr. Tompi), Kamis (30/04/2020).

Meski kita cenderung memiliki energi lebih dan minim risiko dehidrasi ketika berolahraga setelah berbuka, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah menghindari makan takjil dan makan malam berlebih. Sebab, demi kenyamanan lambung kita perlu memberi jarak waktu makan dan olahraga sekitar dua jam.

Apalagi, beberapa orang cenderung makan berlebih di waktu berbuka. Jika kita berbuka hingga pukul 18.30, maka sesi olahraga baru bisa dimulai sekitar pukul 20.30.

"Itu kemalaman, mau tidur jam berapa? Alhasil bisa mengganggu jam tidur, sahur terlambat, dan sebagainya," kata Andhika.

Jika tetap ingin berolahraga seusai waktu berbuka, usahakan disiplin dalam mengontrol porsi makan. Sehingga, sesi olahraga bisa dimulai lebih cepat.

"Menunggunya bisa sekitar setengah jam setelah sholat magrib," tuturnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/30/223452620/olahraga-setelah-waktu-berbuka-puasa-baik-atau-buruk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke