Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Kiat Sukses Turunkan Berat Badan

Sebab, proses penurunan berat badan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti berat badan terakhir, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan lainnya.

Bagi kamu yang tak kunjung sukses menurunkan berat badan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penurunan berat badan realistis yang bisa kamu capai dalam waktu satu bulan.

"Dengan asumsi nutrisi 100 persen selama proses ini, faktornya dipengaruhi juga oleh berat badan lemak pada tubuh masing-masing orang."

Begitu kata pelatih bersertifikasi dari Australian Institute of Personal Trainers, Stephen Cheuk.

Cheuk mencontohkan, seorang perempuan yang sudah relatif ramping (dengan 18-28 persen lemak tubuh) dan melakukan latihan kekuatan bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5-0,8 kilogram per minggu.

Namun, hasilnya bisa berbeda pada perempuan lainnya.

"Jika memiliki tubuh yang lebih berat dan memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi  (lebih dari 28 persen), dia bisa kehilangan minimal satu persen lemak tubuh seminggu," kata dia.

Sementara itu, Direktur Gizi Performa sekaligus Asisten Pelatih Kekuatan dan Kondisi New York Giants, Pratik Patel, MS, RD, CSSD, CSCS juga memberikan pendangannya.

Dia mengatakan, jika kita bisa dengan stabil menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kilogram per minggu, maka kita cenderung bisa mengontrol penurunan berat ke depannya.

Lalu, apa saja kiat suksesnya?

Menurut Patel, cara realistis dan sehat yang perlu dicapai adalah mengimplementasikan kalori defisit.

Sebagai gambaran, 0,5 kilogram berasal dari sekitar 3.500 kalori.

Jika kamu makan 500 kalori lebih sedikit daripada yang kamu bakar dengan berolahraga dan aktivitas fisik lainnya setiap hari selama seminggu, kamu bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5 kilogram.

Dengan meningkatkan defisit ini menjadi 750 kalori sehari selama satu minggu, berat badan yang turun bisa lebih dari itu.

Makan 1.000 kalori lebih sedikit dari jumlah asupan biasa dan membakarnya dengan olahraga bisa membuatmu turun hingga satu kilogram dalam satu minggu.

Artinya, dalam satu bulan kamu bisa menurunkan berat badan sekitar 1,8-3,6 kilogram dalam satu bulan.

Patel menjelaskan, turun berat badan tidak lebih dari satu kilogram seminggu akan memastikan tubuh kita membakar lemak, bukan justru menghancurkan jaringan otot.

Direktur Nutrisi di Trifecta, Emmie Satrazemis, RD, CSSD memberikan pandaangan senada.

Dia mengatakan, penurunan berat badan sangat ditentukan oleh faktor seperti usia, berat badan, tingkat kebugaran, komposisi tubuh saat ini, dan kesehatan secara keseluruhan.

Menurut dia, orang yang memiliki berat badan awal lebih berat dan mengonsumsi makanan berkalori tinggi cenderung akan kehilangan berat badannya lebih cepat.

"Karena lebih mudah memangkas jumlah asupan kalori dari pola makan yang sebelumnya tinggi kalori," ungkap dia.

Untuk penurunan berat badan yang bertahan lama, Emmie merekomendasikan penurunan asupan kalori sekitar 15 persen, dan tidak lebih dari 20 persen dalam sehari.

Emmie menjelaskan, olahraga konsisten bisa membantu kita menurunkan lebih banyak berat badan. Namun, kebiasaan itu juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk menyesuaikan asupan kalori untuk mengakomodasi peningkatan nafsu makan tersebut.

Namun, ingatlah sebelum melakukan perubahan pola makan apa pun, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/03/120000420/simak-kiat-sukses-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke