Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mungkinkah Covid-19 Menular Lewat Makanan?

KOMPAS.com – Sejak merebaknya wabah Covid-19 banyak orang yang khawatir tentang makanan, terutama seputar tersedianya stok di pasaran dan juga keamanan dalam mengonsumsi bahan makanan.

Sejauh ini memang tidak ada laporan ilmiah yang mengatakan bahwa virus corona dapat menyebar melalui makanan. Hal itu juga ditegaskan oleh Food and Drug Administration (FDA).

“Virus corona yang baru ini tidak termasuk dalam penyakit yang menular lewat makanan dan paparan virus pada makanan tidak menjadi jalan penularan,” demikian pernyataan FDA pada akhir Maret 2020 untuk menegaskan bahwa Covid-19 tidak menyebar lewat makanan.

Hal senada disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Meski menyatakan bahwa International Food Safety Authorities Network masih melakukan penelitian, namun dari pengalaman pada wabah SARS dan MERS yang juga merupakan penyakit saluran pernapasan, tidak diketahui ada penularan lewat bahan makanan.

Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan jalur penularan utamanya melalui kontak antar-orang, serta kontak langsung melalui pernapasan lewat droplet yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi sedang batuk atau bersin.

Beberapa penelitian juga menyebut bahwa makanan segar, termasuk bunga, dan juga kemasan dari barang-barang yang kita konsumsi, bukanlah “kendaraan” penularan flu, salesma, atau pun penyakit SARS.

Berdasarkan data-data epidemiologi ini, para ahli menyebutkan risiko penularan Covid-19 dari barang konsumsi sangat kecil.

Hati-hati

Kendati demikian, prinsip kehati-hatian tetap harus diterapkan dalam membeli, mengolah, dan mengonsumsi bahan makanan, termasuk kebersihan kemasannya.

"Semua orang dan benda yang berada di tempat umum berpotensi tercemar. Intinya adalah kebersihan diri, termasuk makanan," kata Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, dalam siaran pers.

Selama pandemi, ia juga merekomendasikan agar masyarakat tidak mengonsumsi makanan mentah terutama daging atau ikan.

Sayur yang akan dimasak maupun buah yang bakal dikonsumsi pun sebaiknya dicuci lebih dulu dengan air mengalir.

"Atau bersihkan dengan air dan sedikit sabun cair yang aman untuk makanan," katanya.

Sebelum memasak di rumah, pastikan kita sudah mencuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, setiap kemasan yang baru dibeli atau diterima dari layanan pesan antar perlu diseka dengan antiseptik.

"Pastikan mencuci tangan sebelum memproses makanan atau bahan makanan dan apapun yang masuk mulut, termasuk rokok dan permen," ujarnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/04/151518520/mungkinkah-covid-19-menular-lewat-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke