Salin Artikel

5 Tips Mempertimbangkan Perubahan Karier di Tengah Pandemi Covid-19

KOMPAS.com - Pandemi covid-19 membuat apa yang kita rencanakan menjadi sulit terlaksana, khususnya terkait keputusan besar seperti perubahan dalam karier.

Namun itu tidak berarti kita harus menahan aspirasi, menurut Herminia Ibarra, profesor London Business School dan penulis "Act Like a Leader, Think Like a Leader."

Bahkan, bagi mereka yang secara tidak langsung dihantui posisi yang tidak aman dalam pekerjaan, ini bisa menandai peluang untuk memulai karier baru.

Dalam Harvard Business Review, Ibarra, yang telah mempelajari perubahan karier seperti Krisis Keuangan Global di tahun 2008, menguraikan lima prinsip utama untuk membuat kita tetap fokus pada karier meski di masa sulit.

1. Mengembangkan banyak hal

Masa depan tidak selalu ada pada saat-saat terbaik, apalagi di masa pandemi.

Adalah masuk akal jika kita kemudian mengejar berbagai pilihan yang memungkinkan, daripada berpegang pada satu visi tunggal, kata Ibarra.

Beberapa dari gagasan itu bisa lebih realistis dan membuka peluang baru bagi kita, serta membuat kita tangguh untuk terus berubah.

"Bahkan di masa yang lebih bahagia, perubahan karier tidak pernah merupakan proses linear sempurna. Ini adalah perjalanan eksplorasi yang berantakan," katanya.

2. Memahami kondisi liminal

Perubahan karier pada dasarnya adalah liminal --masa lalu yang hilang dan masa depan yang tidak pasti.

Itu bisa menjadi kondisi yang meresahkan, tetapi juga merupakan kesempatan penting untuk memproses emosi dan perubahan.

"Downtime sangat penting, bukan hanya mengisi ulang penyimpanan dan motivasi otak, namun juga mempertahankan proses kognitif yang memungkinkan kita berkembang sepenuhnya," kata Ibarra.

Studi neurologis menyebut, meluangkan waktu untuk "bisnis batin" bisa lebih bermanfaat daripada menyelesaikan daftar kegiatan peningkatan diri.


3. Dapatkan sebuah proyek

Mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kontak baru adalah cara umum dan penting menuju penciptaan kembali karier.

Namun, daripada berfokus pada satu proyek, cobalah membandingkan keuntungan dan kelemahan dari masing-masing proyek.

Keduanya mungkin tidak semuanya secara langsung dapat diterapkan untuk karier baru yang kita inginkan, tetapi akan membantu kita menemukan di mana letak kekuatan sejati kita.

"Intinya adalah melakukan pekerjaan baru dan berbeda dengan orang-orang baru," ujar Ibarra.

"Karena proses itu adalah kesempatan belajar tentang diri kita, preferensi dan ketidaksukaan kita, serta jenis konteks dan mereka yang memberikan hal terbaik dalam diri kita."

4. Terhubung dengan kontak yang kita miliki

Pandemi yang membutuhkan jarak sosial bukanlah saat yang tepat untuk membangun jaringan.

Namun, dengan lebih banyak orang melakukan komunikasi secara online, ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk terhubung kembali dengan kontak lama.

Studi menunjukkan, koneksi yang jauh kerap menawarkan kita perspektif baru dan saran jujur daripada orang-orang terdekat dan yang menyayangi kita.

Tetapi, mereka bisa jadi kurang termotivasi untuk membantu kita.

Ibarra merekomendasikan untuk melakukan ikatan aktif dengan kolega yang pernah dekat dengan kita, tetapi sempat terputus koneksi selama tiga tahun atau lebih.

5. Diskusikan perubahan karier

Perubahan karier bisa terasa seperti proses mencari jati diri. Namun, menurut Ibarra, penting untuk mendiskusikannya dengan pihak-pihak tepercaya, guna mengklarifikasi ide-ide kita dan memastikan kita tidak terjebak dalam lamunan.

"Buat dan ceritakan kisah tentang apa yang ingin kita lakukan, atau mengapa kita ingin perubahan, inj dapat mengklarifikasi pemikiran dan mendorong kita maju, dengan mengikat kita untuk melakukan perubahan," katanya.

"Pada akhirnya, ketika tiba saatnya untuk menemukan kembali karier kita di masa krisis ini, ingat poin penting, kita bisa melakukannya sekarang, tetapi jangan pergi sendiri."

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/05/105923520/5-tips-mempertimbangkan-perubahan-karier-di-tengah-pandemi-covid-19

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.