Salin Artikel

Mengenal Jenis Kurma Populer

KOMPAS.com – Kurma menjadi buah yang jadi favorit banyak orang saat waktu berbuka puasa tiba karena mengikuti cara Rasulullah. Ada beragam jenis kurma di pasaran, dari yang harganya mahal, sampai kurma yang diklaim mampu mencegah racun dan sihir.

Di pasar internasional, kurma jenis Ajwa, Medjool (Madhool), Deglet Noor, Sukkari, dan Khalas, adalah kurma yang tergolong mahal.

Kurma dipercaya sebagai salah satu makanan untuk nutrisi, mengandung protein yang tinggi, mineral, dan vitamin. Kurma juga mengandung antioksidan.

Kendati demikian, kandungan gula dalam kurma cukup tinggi sehingga dapat dengan cepat menaikkan kadar gula darah. Orang yang mengidap penyakit diabetes harus membatasi asupannya.

Kurma secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix dactilifera atau date palm. Berikut adalah beberapa varian kurma yang populer:

Kurma Ajwa
Kurma ini memiliki sejarah yang panjang. Ajwa juga disebut sebagai kurma yang paling pertama dibudidayakan oleh Nabi Muhammad SAW dan sejak itu telah dibudidayakan secara luas di Arab Saudi.??

Kurma ini juga dianggap paling memberikan manfaat kesehatan dan memiliki cita rasa yang lezat. Tekstur kurma ajwa lembut dan kering seperti halnya kurma Medjool, Barni, atau Mabroom.

Kurma yang disebut-sebut bisa menghalau tubuh dari racun dan sihir ini juga memiliki harga yang sangat mahal.

Kurma Medjool
Dari sekian banyak kurma yang beredar di Indonesia, kurma mejdool bisa jadi merupakan salah satu yang menjadi favorit.

Bentuk kurma yang satu ini terbilang besar dan bertekstur mirip bantal. Rasanya pun kuat dan manis seperti caramel.

Awalnya hanya tumbuh di Maroko, kurma emjdool kini banyak tumbuh di wilayah yang hangat seperti beberapa bagian Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika.

Buah yang biasanya dijual kering ini juga bisa kita nikmati sepanjang tahun.

Kurma Farth

Kurma Farth biasanya dikonsumsi dalam keadaan matang sempurna. Jenis kurma ini sangat populer di kalangan wisatawan. Kacang mede, almond, atau kenari bisa ditambahkan ke dalamnya.

Kurma Dabbas
Dabbas dalam bahasa Arab artinya kurma madu. Dibudidayakan di Liwa selama lebih dari 300 tahun kerena jika dibudidayakan di tempat lain di Uni Emirat Arab, biasanya hasilnya tidak akan sebagus di Liwa.

Di antara varietas populer di pasar internasional, Barhi bisa dimakan bahkan saat masih mentah. Barhi biasanya dibudidayakan di Amerika Serikat.

Kurma Sukkari

Kurma ini sangat bergizi dan dipercaya banyak orang untuk penyembuhan. Sukkari dapat menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan juga membantu menghilangkan kelelahan.

Di dataran Arab Saudi, jenis kurma sukkari dibudidayakan di wilayah Al Qaseem. Bagi yang pernah mencicipi kurma ini pasti ingat akan rasanya yang renyah dan benar-benar manis.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/05/173800420/mengenal-jenis-kurma-populer

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.