Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Langkah Sukses Mengadakan Buka Puasa Bersama Secara Virtual

KOMPAS.com - Sebagai bulan paling suci dalam kalender Islam, Ramadhan adalah waktu untuk kembali memberi, merenung, dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih.

Biasanya, keluarga muslim berkumpul untuk merayakan bulan Ramadhan. Sayangnya, kali ini banyak keluarga yang akan merayakan bulan Ramadhan jauh dari keluarga karena virus corona.

Meskipun demikian, banyak warga muslim menemukan cara-cara kreatif untuk tetap terhubung dan berkumpul selama isolasi melalui aplikasi chatting sosial seperti Zoom.

Buka puasa virtual seperti "Remote Iftar," yang diluncurkan oleh ilmuwan komputer yang berbasis di Minneapolis, Fadumo Osman, mengelompokkan orang-orang untuk berbuka puasa saat matahari terbenam melalui platform sosial seperti Zoom, Google Hangouts, dan Skype.

Memang, hanya karena kamu harus menjaga jarak sosial bukan berarti kamu harus berbuka puasa sendirian.

Di bawah ini, adalah beberapa tips tentang bagaimana kamu dapat menggelar buka puasa bersama secara virtual.

1. Terhubung

Ada banyak aplikasi sosial yang mendukung panggilan video. Beberapa yang menjadi favorit termasuk Zoom, Smoothy, Skype dan Google Hangouts. Jika kamu memiliki FaceTime, dapat diikuti hingga 32 peserta.

2. Atur daftar tamu

Biasanya salah satu tugas tersulit untuk merencanakan buka bersama adalah membuat daftar tamu, demikian juga dengan pertemuan online.

Beberapa orang mungkin ingin mengundang setiap anggota keluarga, teman, kolega, mantan rekan kerja, dan tetangga.

Tetapi jika kamu ingin memiliki hubungan yang lebih kecil, lebih intim, tanpa ada yang ngobrol sendiri satu sama lain, coba edit daftar tamu yang panjang itu menjadi lima orang terdekatmu.

Setelah memutuskan daftar tamu, kirimkan undangan elektronik yang menyertakan detail utama seperti waktu acara, tautan ke acara, dan kode akses.


3. Rencanakan menu

Jelas, makanan adalah aspek paling penting dari setiap buka puasa. Kamu dapat merencanakan terlebih dahulu menu untuk makan malam virtual dengan mengirim resep ke semua orang sebelumnya agar bisa makan makanan yang sama.

Atau jika memungkinkan, kamu dan teman-teman bisa saling bertukar menu dengan saling berkirim makanan.

4. Ciptakan suasana yang mendukung

Buat pengaturan pencahayaan dan meja. Nyalakan lilin yang menenangkan, hiasi meja dengan bunga-bunga, setrika serbet kainmu atau keluarkan peralatan makan mewah yang biasa digunakan untuk acara khusus. Sehingga, kamu akan merasa sedang berada dalam acara istimewa.

5. Berdandan

Bagi banyak wanita, momen berbuka puasa bersama orang-orang terkasih di bulan suci ini perlu didukung penampilan yang menarik.

Tetapi hanya karena kamu secara fisik tidak menghadiri pertemuan Ramadhan, tidak berarti kamu tidak dapat mengenakan sesuatu yang menyenangkan dan meriah.

Singkirkan baju tidur dan baju rumahmu, gantilah dengan kaftan, baju muslim atau kenakan anting-anting dan perhiasan yang lain, serta gunakan riasan wajah natural agar wajah terlihat segar.

6. Beri kesempatan semua orang berbicara

Melalui platform obrolan video, kamu masih dapat berbicara dengan keluarga dan teman seperti biasa.

Namun, mempertahankan percakapan multi-people secara online bisa jadi lebih sulit. Untuk pertemuan yang lebih besar, kamu dapat menghindari berbicara satu sama lain dan memastikan semua orang mendapat kesempatan untuk berbicara dengan bergantian berbicara dalam urutan nama menurut abjad.

Mempersiapkan percakapan atau pemecah kebekuan juga akan membantu percakapan mengalir dengan lancar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/05/221155920/6-langkah-sukses-mengadakan-buka-puasa-bersama-secara-virtual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke