Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mungkinkah Virus Corona Menempel di Sepatu?

Imbauan Pemerintah untuk bertahan di dalam rumah adalah cara untuk mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus tersebut.

Kendati demikian, pada bagian atau saat tertentu, ada masanya kita harus meninggalkan rumah, entah membeli kebutuhan harian atau pun keperluan mendesak lainnya.

Lalu, jika saran lanjutannya adalah langsung mencuci pakaian dan mandi untuk membersihkan diri setelah kembali ke rumah, bagaimana dengan sepatu?

Haruskah kita meninggalkan sepatu kita di luar rumah, agar kemungkinan penularan virus bisa dihindari?

Kita mungkin akan bertanya-tanya apakah sepatu kita aman dari virus saat kembali ke rumah, setelah pergi ke toko atau tempat umum lainnya.

Penelitian terbaru dilakukan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebuah badan pemerintah Amerika Serikat di rumah sakit di Wuhan, China, tempat yang diyakini menjadi awal penyebaran Covid-19.

Dari penelitian itu ditemukan, virus corona dapat bertahan hidup di bagian sol sepatu, namun tak bisa dipastikan apakah bekas tetesan dengan virus tersebut masih bisa menular.

The Cleveland Clinic menyebutkan, walaupun virus dapat hidup di sepatu, sangat tidak mungkin virus tersebut menular kepada kita.

Kecuali, jika kita menyentuh area yang terinfeksi di sepatu secara langsung, dan kemudian menyentuh wajah.

Jadi, jika kita merasa bertemu seseorang di luar, atau permukaan sepatu patut dicurigai terinfeksi virus corona, lepaskan sepatu sebelum masuk ke rumah adalah pilihan yang baik.

Setelah itu, kita harus menyemprot sepatu dengan disinfektan sebelum membawanya ke dalam rumah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/06/154548520/mungkinkah-virus-corona-menempel-di-sepatu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke