Salin Artikel

Cara Ampuh Mencegah Bau Mulut Selama Berpuasa

Perubahan jadwal dan frekuensi makan selama berpuasa mengakibatkan perubahan fisiologis tubuh, salah satunya dehidrasi yang dapat menyebabkan timbulnya halitosis.

“Halitosis biasa ditemukan pada orang yang melakukan puasa, hal ini terjadi akibat penurunan produksi air ludah dan meningkatnya konsentrasi senyawa sulfur di dalam mulut,” kata drg.Citra Kusumasari, SpKG (K).

Untuk mencegahnya, disarankan untuk lebih meningkatkan kebersihan rongga mulut dengan cara menyikat gigi dan lidah minimal dua kali sehari, yaitu sebelum tidur dan setelah makan sahur, serta menggunakan mouthwash non-alkohol.

“Obat kumur yang mengandung alkohol justru meningkatkan dehidrasi mukosa mulut,” kata Citra.

Pastikan menyikat semua bagian gigi. Menyikat gigi dibagi 3 bagian, yaitu menyikat permukaan bagian dalam, permukaan luar dan permukaan gigi yang mengunyah.
Konsumsi air yang cukup dan buah-buahan juga perlu dipenuhi untuk menjaga hidrasi tubuh.

Hal penting lainnya yang dapat dilakukan adalah mengaplikasikan fluor ke permukaan gigi untuk mencegah gigi berlubang.

“Jika khawatir fluor akan tertelan selama proses pengaplikasian, maka hal ini dapat dilakukan setelah berbuka puasa,” ujar Citra.

Terakhir, kebiasaan merokok sebaiknya dihindari selama bulan puasa Ramadhan, sebab merokok dapat meningkatkan dehidrasi pada mukosa mulut, yang akhirnya memperburuk bau napas tak sedap.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/09/170507620/cara-ampuh-mencegah-bau-mulut-selama-berpuasa

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.