Salin Artikel

Penguasa Monarki Tertua dan Rekor Dunia Lain yang Dipegang Ratu Inggris

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II belum lama ini merayakan ulang tahunnya yang ke-94. Ia menjadi penguasa monarki tertua di dunia, yang sekaligus menambah koleksi rekor dunianya.

Ratu memegang total enam rekor Guinness World Records. Apa saja rekor dunia yang dipegang Ratu?

1. Muncul terbanyak pada mata uang

Ratu Elizabeth muncul pada mata uang dalam jumlah yang terbanyak, setidaknya pada mata uang 45 negara berbeda. Untuk itu, ia memegang rekor kemunculan terbanyak pada mata uang berbeda dengan individu yang sama.

2. Ratu terkaya

Pada 20120 Ratu dianugerahi rekor ratu terkaya. Itu dilakukan setelah Sunday Times mengestimasikan kekayaannya saat itu mencapai £310 million atau sekitar Rp 5,738 triliun.

3. Ratu Inggris tertua

Pada 2007, nenek dari Pangeran Willian dan Pangeran Harry itu memegang rekor Ratu Inggris tertua, setelah ia melampaui rekor nenek moyangnya, Ratu Victoria. Ratu Victoria memimpin hingga berusia 81 tahun 244 hari, sementara Ratu Elizabeth II baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-94.

4. Ratu penguasa terlama

Di tahun 2015, Ratu menyabet rekor dunia lainnya dari Ratu Victoria sebagai ratu yang memegang kekuasaan terlama. Ratu Victoria duduk di bangku penguasa tertinggi selama 63 tahun 7 bulan 3 hari ketika meninggal pada 22 Januari 1901.

5. Penguasa monarki tertua

Satu tahun setelah mendapatkan rekor Ratu Inggris tertua, Ratu Elizabeth II juga dianugerahi rekor pemimpin monarki tertua setelah melampaui rekor Raja George III, yakni hingga usia 82 tahun.

6. Penguasa monarki terlama

Setelah meninggalnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej (Rama IX) di 2016, Ratu Elizabeth II memegang rekor sebagai pimpinan monarki terlama.

Ia menduduki puncak kekuasaan kerajaan Inggris pada 6 Februari 1952 setelah kematian ayahnya Raja George VI. Hingga hari ini, Ratu telah memimpin kerajaan selama lebih dari 68 tahun.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/11/082318820/penguasa-monarki-tertua-dan-rekor-dunia-lain-yang-dipegang-ratu-inggris

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.