Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Masker Tak Membuat Kacamata Berembun

KOMPAS.com—Pengguna kacamata mungkin menghadapi kerepotan yang sama, yakni kacamata berkabut saat menggunakan masker di luar rumah sebagai tindakan preventif untuk menghindar dari virus corona.

Tak hanya saat mengenakan masker saja, kacamata bisa berembun saat sedang hujan, minum sup panas atau saat minum secangkir teh.

Saat memakai masker, ada udara hangat yang diembuskan dari lubang hidung akan naik dan keluar lewat celah bagian atas masker, membuat permukaan yang lebih dingin yaitu lensa kacamata, berembun.

Kondisi tersebut bisa mengganggu penglihatan jika kita sedang mengendarai kendaraan.

Kacamata yang berkabut tidak hanya dialami dalam aktivitas rutin. Dokter dan perawat pengguna kacamata pun setiap hari harus mengalami hal ini. 

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kabut pada kacamata:

1. Celupkan kacamata dalam sampo bayi atau air sabun

Lakukan hal ini tepat sebelum mengenakan masker, buat busa pada lensa kacamata dengan air sabun dan buang air yang berlebih. Jangan membilasnya dengan air.

Biarkan busa mengering atau dengan  mengeringkannya dengan kain lembut yang bebas serabut sebelum mengenakannya kembali.

Trik ini bisa berhasil karena sabun meninggalkan film tipis yang mengurangi tegangan permukaan, sehingga menyebabkan molekul air (alias uap air dari napas kita) menyebar secara merata ke lapisan transparan.

Tips ini beredar di internet, dan jika kamu melakukannya dengan benar, cara ini berfungsi.

Caraya mudah, pertama lipat tisu secara horizontal. Kemudian letakkan tissu yang telah dilipat tadi di antara wajah dan bagian atas masker di bagian tulang hidung.

Mereka yang sudah mencoba metode ini mengatakan hal itu membantu menyerap kelembaban dari napas kita sebelum menyentuh kacamata.

3. Ubah cara mengikat masker

Jika kamu menggunakan masker wajah yang dapat diikat di belakang kepala coba ubah cara mengikatnya.

Alih-alih mengikat bagian atas tepat di atas telinga, cobalah mengikatnya di bawah, dan untuk bagian bawah, lakukan sebaliknya untuk membuat "X" di sisi wajah. Cara ini disebutkan dapat memungkinkan udara yang dihembuskan bisa cepat keluar dari masker.

4. Cari masker yang menempel lekat di hidung

Kacamata berkabut karena masker yang kita kenakan mengalihkan napas hangat ke atas, bukan ke luar dan ke depan, muncul sebagai uap pada lensa.

Jika udara tidak dapat keluar dengan mudah dari atas dan masker cukup rapat, kamu dapat mengurangi kejadian ini.

5. Coba semprotan anti-kabut

Ada metode khusus yang digunakan perenang, yaitu memakai semprotan lensa dengan semprotan anti-kabut yang banyak dijual di pasaran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/11/200918620/agar-masker-tak-membuat-kacamata-berembun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke