BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO
Salin Artikel

Yuk, Coba Ide Ngabuburit Asyik dan Bermanfaat buat Nunggu Waktu Beduk di Rumah

KOMPAS.com – Tidak ada yang memperkirakan bahwa Ramadhan tahun ini bakal dijalani dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Keberadaan Covid-19 membuat seluruh aktivitas Ramadhan di luar rumah ditiadakan demi menekan penyebaran penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2.

Jani Anindya (25) merupakan salah satu yang merasakan efek pandemi Covid-19 terhadap beragam aktivitas yang telah ia rencanakan pada Ramadhan tahun ini. Aktivitas seperti berbuka puasa bersama maupun ngabuburit di luar rumah pun harus dibatalkan.

Meski demikian, Jani tidak lantas menyerah begitu saja. Ia masih bisa melakukan beragam aktivitas Ramadhan, sekalipun dari rumah saja.

“Memang tidak menyenangkan menjalani Ramadhan dengan situasi seperti ini. Namun, kita masih bisa beradaptasi kok. Dengan teknologi yang ada sekarang, banyak kegiatan seru bisa dilakukan selama Ramadhan di rumah,” ungkap Jani.

Jani tidak sendirian. Jutaan lebih penduduk Indonesia mengalihkan kegiatan Ramadhan ke dunia virtual. Mulai dari mengaji, tausiah, hingga berdonasi secara virtual.

Selain kegiatan keagamaan, kegiatan ngabuburit ternyata juga bisa dilakukan di dalam rumah. Keseruan ngabuburit #dirumahaja pun tidak kalah dengan ngabuburit di luar rumah.

“Banyak kok kegiatan asyik yang bisa dilakukan buat ngabuburit. Kalau aku, belajar gitar di kelas online, yoga ramai-ramai via Zoom atau Hangouts, bahkan belajar memasak menu baru. Menyenangkan dan tahu-tahu sudah azan Magrib saja,” imbuh Jani.

Anda pun bisa melakukan beragam kegiatan asyik selama ngabuburit di rumah seperti Jani. Berikut ini Kompas.com rangkum beragam aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Ketimbang jajan untuk berbuka puasa, lebih baik menyiapkan sendiri menu berbuka puasa. Selain lebih hemat, Anda pun bisa memilih sendiri kombinasi menu yang cocok.

Nutrisi dan kebersihan makanan pun terjamin karena Anda sendiri yang memilih bahan makanan tersebut. Manfaat lainnya, kegiatan memasak ternyata dapat memberikan perasaan senang, dan bahagia.

Menurut Michael Kocet, profesor dari Education Department di The Chicago School of Professional Psychology, dengan memasak, Anda pun diberikan kesempatan untuk berkreasi, mulai menentukan resep, hingga cara mengolah makanan.

Saat makanan yang dimasak sudah jadi, Anda akan merasa bahagia. Sebab, Anda merasa berhasil “menyelesaikan tujuan”. Perasaan ini berdampak positif bagi diri Anda.

Berkebun dapat menjadi ide bagus untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Saat ini, berkebun juga tidak perlu membutuhkan halaman rumah yang luas.

Anda tetap bisa berkebun, meski tak memiliki halaman luas. Caranya, dengan menerapkan kebun vertikal. Anda bisa memanfaatkan dinding-dinding di rumah atau pagar sebagai kebun.

Kebun vertikal ini bisa tumbuh di media yang terbuat plastik seperti paralon maupun dinding tanam yang terbuat dari kayu. Anda tinggal membuat lubang untuk menjadi tempat tanah dan bibit di dinding kayu atau plastik.

Sama seperti memasak, berkebun pun punya dampak positif bagi kesehatan mental. Manfaat positif berkebun ini pernah diteliti dan hasil risetnya dimuat di jurnal Environmental Health.

Berdasarkan riset terhadap 184 orang yang berkebun, 91 persen responden merasa lebih bahagia, 86 persen merasa stres berkurang, dan 84 persen merasa lebih sehat.

Dengan beragam manfaat ini, tentu berkebun bisa jadi pilihan buat ngabuburit di rumah.

Berolahraga ringan

Puasa Ramadhan maupun physical distancing di rumah bukan menjadi alasan untuk menghentikan rutinitas berolahraga. Olahraga tetap harus dijaga, meski hanya olahraga ringan.

Banyak olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kegiatan ngabuburit di rumah. Anda bisa jalan santai selama 30 menit, naik turun tangga, push-up, sit-up, yoga, maupun lompat tali.

Anda juga bisa mengikuti kegiatan olahraga bersama secara virtual yang kini makin banyak diselenggarakan. Pilih acara olahraga bersama secara virtual yang ada dan cocok buat Anda.

Ingat, Anda tidak perlu berolahraga berat saat berpuasa. Cukup olahraga ringan asal rutin akan lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Mendengarkan siniar (podcast)

Siniar (podcast) dapat menjadi pilihan untuk ngabuburit secara virtual. Saat ini, siniar di Indonesia sudah berkembang pesat. Kontennya pun sudah mulai beragam dan menarik. Mulai dari konten kehidupan, percintaan, cerita komedi, horor, maupun konten bisnis bisa Anda temukan.

Selain pengetahuan, mendengarkan siniar juga punya beragam manfaat. Anda bisa melatih imajinasi, belajar menjadi pendengar yang baik, dan melatih simulasi otak.

Karena berbasis audio tanpa visual, saat mendengarkan siniar, Anda pun secara tidak langsung membayangkan kata-kata yang disampaikan pembicara. Anda bisa tersenyum, tertawa, maupun turut terbawa perasaan saat mendengarkan siniar.

Ketika berimajinasi saat mendengarkan siniar, Anda juga melatih simulasi otak. Anda memusatkan perhatian pada indra pendengaran dalam menerima informasi di otak. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus dan dapat berpikir lebih kritis.

Ikut kelas virtual

Semenjak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar diterapkan, beragam kelas virtual diselenggarakan. Mulai kelas melukis, kelas musik, kelas perencanaan keuangan, kelas memasak, kelas bahasa asing, tausiah agama secara daring, dan banyak lagi.

Dengan mengikuti kelas virtual, Anda pun bisa belajar hal baru dan mampu menambah pengetahuan. Anda dapat pula menambah teman baru dari sesama peserta yang mengikuti kelas virtual tersebut.

Nah, itu tadi beberapa ide ngabuburit virtual yang bisa Anda lakukan. Agar lebih mengasyikkan saat ngabuburit di rumah, Anda bisa menggunakan smartphone Oppo A92.

Dengan ponsel tersebut, Anda dapat menikmati kualitas visual yang memuaskan karena keberadaan fitur 1080P Neo Display. Tampilan layar ponsel Oppo A92 jernih dan lebih luas karena bezel di ponsel tersebut sangat tipis. Desain ponsel ini pun fashionable dengan desain tipis dan ringan.

Oppo A92 juga dilengkapi fitur Side Fingerprint Unlock yang bakal memudahkan dalam mengakses ponsel dengan lebih cepat dan aman. Jadi, Anda tidak perlu ribet-ribet mencari pemindai sidik jari untuk membuka kunci ponsel.

Soal performa, ponsel yang dibanderol dengan harga Rp 4,199 juta ini sudah dibekali RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan memori RAM dan ruang penyimpanan sebesar itu, membuka aplikasi maupun melakukan multitasking jadi terasa ringan dan cepat di ponsel Oppo A92.

Kapasitas baterai ponsel tersebut juga besar, yakni 5.000 mAh. Anda pun tak perlu khawatir kehabisan daya saat ngabuburit menggunakan Oppo A92. Selain itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi fitur fast charging sehingga mengisi daya untuk baterai berkapasitas besar bisa lebih cepat.

Oppo A92 juga dilengkapi 48 MP Quad Camera, yakni 48 MP Ultra HD, 8 MP Ultra-Wide, 2 MP Mono Camera, dan 2 MP Potrait Camera. Sementara itu, kamera depan dibekali dengan lensa kamera 16 MP.

Nah, dengan fitur dan spesifikasi tersebut, Anda dapat melakukan segala aktivitas ngabuburit sepanjang Ramadhan dengan lebih asyik dan menjadi sehebat maumu.

Saat ini, Oppo sedang mengadakan promo #SejernihDepanMata yang berlangsung pada 1-31 Mei 2020. Lewat promo ini, konsumen dapat berdonasi secara langsung untuk setiap pembelian produk Oppo. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa klik tautan ini.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/12/160700320/yuk-coba-ide-ngabuburit-asyik-dan-bermanfaat-buat-nunggu-waktu-beduk-di

Bagikan artikel ini melalui
Oke