Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kulit Lebih Cerah dengan Scrub Kopi Buatan Sendiri

KOMPAS.com – Rahasia kulit terlihat cerah dan glowing adalah rutin melakukan eksfoliasi. Tujuannya adalah memastikan kotoran, minyak, dan sel kulit mati, terangkat hingga pori-pori.

Tentu saja eksfoliasi harus dilakukan sesuai aturan agar tidak membuat kulit makin kering atau iritasi.

Di pasaran memang terdapat banyak produk eksfoliasi, baik dalam bentuk toner, sikat brush, atau pun scrub. Tapi, kita juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur.

PIlihan utama jatuh kepada bubuk kopi karena manfaatnya yang unik.

“Kopi sangat baik untuk kulit karena mengandung antioksidan, yang membantu memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Kafein juga membantu mengencangkan kulit dan menyamarkan kerutan,” kata Nyakio Grieco, pendiri brand kosmetik.

Grieco membagikan resep membuat scrub kopi sendiri di rumah menggunakan kopi Kenya. Namun, kita juga bisa membuatnya menggunakan kopi apa pun yang disukai, termasuk kopi instan.

Scrub kopi
Bahan-bahan:
1 cup kopi yang digiling halus
1 cup brown sugar, lebih baik yang organik
2 sendok makan minyak alpukat
2 sendok makan minyak kelapa organik

Cara membuat:
Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar, lalu gunakan di wajah sambil dipijat lembut ke seluruh bagian wajah dan leher tak lebih dari tiga menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat dan bilas lagi dengan air dingin. Keringkan wajah.

Untuk kulit berminyak: Tambahkan tiga sendok makan parutan mentimun dan perasan lemon ke dalam campuran bahan. Mentimun membantu menghilangkan kelebihan minyak sedangkan jeruk lemon membantu mencerahkan kulit.

Untuk kulit kering: Tambahkan seperempat cup yogurt plain dan beberapa tetes face oil favorit ke dalam campuran bahan. Setelah melakukan scrub, diamkan sekitar 5-10 menit sebelum dibilas.

Untuk kulit berjerawat: Ganti minyak kelapa dan tambahkan satu sendok makan madu. Karena mengandung antibakteri, madu dapat membantu mengurangi jerawat.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/13/100151920/kulit-lebih-cerah-dengan-scrub-kopi-buatan-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke