Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cut Memey Bakar Kalori Lewat Olahraga Zumba di Kelas Virtual

KOMPAS.com — Saat masa karantina, kamu mungkin tak bisa mengunjungi gym atau studio olahraga favoritmu. Namun bukan berarti kamu harus berhenti berolahraga bukan?

Olahraga sebaiknya tetap dilakukan agar tubuh tetap sehat dan mampu melawan virus dan penyakit.

Nah, salah satu cara agar tubuh tetap bergerak adalah melakukannya dari rumah. Ada beberapa latihan virtual yang bisa diikuti, salah satunya adalah olahraga zumba dengan sesi latihan yang diadakan secara virtual.

Artis peran Cut Memey yang kini menjadi salah seorang instruktur zumba di Strong Nation memaparkan bahwa olahraga ini bisa dilakukan dengan bermodalkan internet.

Sebagai salah satu orang yang telah menekuni zumba, Cut Memey mengatakan bahwa ia telah mendapatkan banyak manfaat dari olahraga ini.

“Manfaatnya bagus banget, aku merasa lebih sehat dan bisa olahraga dimana saja, termasuk di rumah," ujarnya dalam wawancara virtual bersama Strong Nation, Senin (8/5/2020). 

Latihan zumba bersama Strong Nation sendiri menggabungkan berat badan, pengondisian otot, kardio, dan gerakan latihan plyometrik yang disinkronkan dengan musik yang dirancang agar sesuai dengan setiap gerakan tunggal.

Setiap sesi, tubuh akan diajak untuk melakukan squat, lunge, burpee, diiringi musik yang tentu saja akan membangunkan semangat untuk berolahraga.

Di setiap kelas, kamu akan membakar kalori sambil mengencangkan otot lengan, kaki, perut dan glutes.

Yang menarik, dalam latihan, setiap plyometrik atau gerakan dahsyat seperti mengangkat lutut, burpee, dan jumping jack, digantikan dengan gerakan isometrik seperti lunges, squat, dan kickboxing.

Mantan atlet karate Indonesia, Umar Syarief, menambahkan bahwa latihan HIIT (High Intensity Interval Training) atau latihan interval intensitas tinggi ini akan membawa manfaat besar bagi tubuh yakni pembakaran kalori yang tentu akan membakar lemak dalam tubuh.

Untuk kamu yang baru akan memulai latihan zumba, Umar menyarankan untuk berlatih secara rutin namun tak terlalu keras. Di Strong Nation sendiri ada tingkatan mulai kelas untuk pemula, hingga yang advance.

Namun kamu harus pastikan bahwa tubuh dan ototmu bebas dari cidera. Bila memiliki cidera khusus, kamu bisa bertanya pada dokter sebelum menjalani latihan ini.

“Sebelum training, kita akan tanyakan kondisi itu, kalau memang ada cidera, ada rekomendasi enggak dari dokter. Dia harus ada surat yang menyatakan kalau dia tidak dalam kondisi khusus. Makanya saya wanti-wanti pada seluruh instruktur,” katanya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/19/214330320/cut-memey-bakar-kalori-lewat-olahraga-zumba-di-kelas-virtual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke