Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Sayuran yang Cocok untuk Turunkan Berat Badan

Berolahraga saja memang tidak cukup untuk menurunkan berat badan seseorang. Disiplin memilih menu yang dimakan juga tak kalah penting. Itu sebabnya kita perlu mengulik lebih jauh apa saja makanan, termasuk sayuran, yang tepat untuk diet.

Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, sayuran kaya serat sehingga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Selain sayuran, buah-buahan juga mengandung nutrisi seperti vitamin dan mineral yang membantu proses metabolisme tubuh. Orang yang rutin mengonsumsi buah dan sayuran akan lebih mudah membakar lemak yang menumpuk di tubuh.

Jika saat ini sayuran masih sekadar menjadi pelengkap menu kamu, tak ada salahnya mencoba menambah porsi sayuran lebih banyak lagi.

Beberapa sayuran untuk diet yang bisa kamu coba adalah:

1. Jamur

Sejak dulu, jamur adalah sayuran untuk diet yang dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Manfaatnya, jamur bisa mengurangi berat badan seseorang.

Lebih jauh lagi, jamur juga kaya akan protein dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Semakin baik proses metabolisme, semakin maksimal pula proses membakar lemak yang menumpuk.

2. Brokoli

Kamu bisa mengonsumsi brokoli dengan cara mengukusnya sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga.

Lebih jauh lagi, sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis juga mengandung zat yang dapat menangkal risiko penyakit kanker.

3. Kembang kol

Tak hanya itu, kembang kol juga merupakan sumber asam folat dan vitamin C yang kaya. Kedua elemen ini sangat baik bagi kesehatan setiap orang, bahkan yang tidak sedang diet sekalipun.

4. Bayam

Bayam menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang tidak pahit dan mudah diolah dalam bentuk apapun. Entah itu menjadi sayur bening hingga dikukus saja.

Kandungan nutrisi yang sangat tinggi pada sayuran hijau seperti bayam terbukti membantu membakar lemak dengan cara yang mudah.

5. Labu

Kamu bisa memasukkannya dalam salad atau diolah dalam jus untuk membantu proses metabolisme tubuh. Tentunya, dengan tetap membakar lemak yang tidak diharapkan.

6. Wortel

Wortel sangat rendah kalori dan mengandung serat tinggi sehingga cocok dikonsumsi mereka yang tengah berusaha menggeser panah timbangan ke kiri.

Kamu bisa mengonsumsinya setelah dikukus atau menjadi campuran jus sehat. Tak hanya itu, wortel juga bisa diolah dalam sayur seperti sop.

7. Asparagus

Kamu bisa mengolah asparagus sebagai perpaduan untuk sup krim atau mengonsumsinya langsung setelah dikukus.

8. Timun

Mengonsumsi timun secara berkala entah itu secara langsung, dijadikan jus, atau infused water dapat membantu membakar lemak di tubuh. Tingginya serat timun juga memastikan rasa lapar tidak terus menerus meneror.

Berapa takaran yang tepat?

Daftar sayuran untuk diet di atas memang mudah ditemukan sekaligus penyajiannya pun tidak rumit. Meski demikian, bukan berarti kita bisa mengonsumsi sayuran untuk diet dalam porsi berapapun agar goal berat badan turun lebih cepat tercapai.

Pada dasarnya, tidak ada takaran yang “benar” atau “salah” ketika berurusan dengan menu untuk menurunkan berat badan.

Takaran yang tepat adalah ketika sayuran telah memberi energi yang cukup untuk kita. Ketika sudah muncul sinyal dari tubuh untuk merasa cukup atau puas, maka tidak perlu mengonsumsinya berlebihan.

Namun ingat, menjalani diet artinya mengonsumsi lebih sedikit kalori tanpa melupakan kebutuhan alami tubuh akan lemak baik dan karbohidrat.

Demi menentukan seberapa banyak sayuran untuk diet yang perlu dikonsumsi, tak ada salahnya menggunakan kalkulator weight loss untuk menentukan berapa banyak kalori yang perlu dikonsumsi setiap harinya.

Jika sudah menemukan polanya, jangan lupa masukkan menu sayuran untuk diet pada setiap waktu makan. Sayuran sangat kaya akan nutrisi dan serat. Tak hanya itu, juga mengurangi risiko diabetes hingga kanker usus. Siapa yang tak mau?

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/22/163248220/ini-sayuran-yang-cocok-untuk-turunkan-berat-badan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke