Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Alasan Mengapa Wanita Terlambat Haid

KOMPAS.com— Siklus menstruasi yang teratur merupakan salah satu tanda kesehatan wanita. Tak heran jika haid tak terjadi tidak pada tanggal seharusnya banyak wanita merasa khawatir.

Selain karena hamil, berikut adalah 10 alasan mengapa wanita mengalami terlambat datang bulan:

1. Olahraga berlebihan

Berolahraga itu sehat, tetapi bahkan kegiatan yang sehat memiliki efek samping jika kamu melakukannya secara berlebihan.

Berolahraga terlalu berlebihan dapat menyebabkan defisiensi sekresi estrogen, hormon yang bertanggung jawab atas ovulasi. Jika kekurangan estrogen terjadi, haid akan terlambat atau bahkan terputus untuk jangka waktu tertentu.

2. Perubahan berat badan yang cepat dan drastis

Penurunan berat badan atau kenaikan berat badan drastis yang tiba-tiba adalah salah satu alasan mengapa menstruasi tidak teratur atau terlambat. Kondisi itu akan memengaruhi sekresi hormon wanita.

Tetapi jangan khawatir, segera setelah kamu kembali pada diet yang sehat dan stabil, tubuh akan merespons dan menstruasi akan kembali diatur.

3. Sedang stres

Berada di bawah tekanan tidak hanya akan menyakiti secara fisik, tetapi juga secara emosional, bahkan dapat membuat kita jatuh sakit.

Beberapa orang mengalami demam tinggi dan kekebalan tubuh menjadi rendah karena stres kronis, seperti halnya bagi wanita, hal itu dapat menunda menstruasi untuk waktu yang sangat lama.

4. Mengonsumsi pil kontrasepsi

Pil kontrasepsi bertujuan untuk menghentikan telur matang atau ovulasi sehingga kamu tidak akan hamil. Tentunya tidak akan ada haid.

Pengguna pil KB mungkin akan tetap "menstruasi", tetapi darah yang keluar adalah darah di dinding rahim tanpa sel telur. Kadang-kadang pil kontrasepsi melemahkan hormon yang bertanggung jawab untuk berovulasi hingga kamu bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali jika sebelumnya sudah memiliki riwayat siklus haid tidak teratur.

5. Adanya kerusakan pada kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk metabolisme tubuh dan setiap kerusakan di dalamnya dapat menyebabkan gangguan hormon keseluruhan pada wanita. Ini dapat menjelaskan mengapa menstruasi tidak teratur dan terlambat.

Jika haid terlambat selama lebih dari tiga bulan, konsultasikan dokter untuk memeriksa apakah tiroid adalah pemicunya.

6. Perubahan zona waktu

Percaya atau tidak, kebiasaan tidur akan berpengaruh besar pada tubuh. Jadi, jika kamu bepergian ke suatu negara dengan zona waktu berbeda maka kamu bisa saja mengalami terlambat datang bulan yang sifatnya hanya sementara.

7. Menyusui

Tubuh wanita memiliki hormon yang disebut prolaktin yang bertanggung jawab untuk produksi ASI. Hormon ini memiliki efek pada siklus menstruasi dan dapat menunda atau bahkan menghentikannya selama setahun dalam beberapa kasus wanita.

8. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah salah satu alasan tersering wanita tidak haid atau siklusnya tidak teratur.

Tanda-tanda yang jelas dari sindrom ovarium polikistik adalah rambut tubuh yang lebat di banyak tempat di tubuh, tumbuh banyak jerawat dan kenaikan berat badan.

9. Menopause dini

Beberapa wanita mungkin mengalami gejala menopause lebih awal, ini disebut menopause dini. Bisa jadi sesuatu yang genetik atau karena gangguan kesehatan.

Berikut adalah beberapa gejala menopause yang dialami wanita: rasa panas di bagian bawah tubuh, sakit kepala, insomnia, kelelahan, depresi, jantung berdebar, kekeringan pada vagina, dan masalah kontrol kandung kemih. Tingkat keparahan gejala juga bervariasi dari satu wanita ke wanita lain. Untuk memastikannya, sebaiknya kamu mengunjungi dokter.

10. Adanya penyakit lain dalam tubuh

Tahukah kamu bahwa tubuh bisa memprioritaskan ketika menghadapi banyak tugas? Ya, ketika tubuh menghadapi stres berat, ia memutuskan untuk menyelesaikan masalah penting terlebih dahulu kemudian beralih ke yang berikutnya.

Jadi ketika kamu sakit, tubuh memiliki prioritas untuk melawan penyakit ini dan kemudian akan beralih ke masalah berikutnya, seperti menstruasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/27/085615720/10-alasan-mengapa-wanita-terlambat-haid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke