Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yang Bisa Dilakukan untuk Tingkatkan Kualitas Pernikahan

KOMPAS.com— Walau pernikahan kita dengan pasangan terasa baik-baik saja, perlu rasanya meluangkan waktu guna mengevaluasi relasi kita. Dengan begitu, akan selalu ada peningkatan kualitas yang akhirnya memperkuat ikatan.

Hubungan pernikahan yang sudah berlangsung lama biasanya akan gampang dilanda rasa bosan atau getaran cinta yang mulai padam sehingga rentan godaan. 

Berikut 10 kiat yang bisa dilakukan untuk memperkuat hubungan dengan pasangan:

1. Hitung sampai tiga

Setiap pasangan pasti pernah berselisih paham, tetapi agar pertengkaran tidak memas, bahkan sampai mengeluarkan kata yang akan disesali, cobalah "mantra 123". Maksutnya, hitung sampai tiga sebelum kita mengucapkan perkataan yang menyakiti orang lain. Biasanya kita akan lebih tenang dan batal mengucapkannya.

2. Berpikir sebelum bertindak

Rutinitas dan aktvitas yang padat terkadang membuat kita stres sehingga tidak berpikir rasional.  Melatih kesadaran untuk berada pada saat ini dan menyadari sepenuhnya apa yang sedang kita rasakan dapat membantu menghindarkan diri dari pertengkaran penuh emosi.

3. Jangan langsung menyimpulkan

Hal yang paling penting dalam suatu hubungan adalah komunikasi, karenanya penting untuk mengenal pasangan luar dalam. Tentu saja untuk mencapainya diperlukan komunikasi yang lancar, obrolan yang mendalam tentang keinginan, harapan, hingga ketakutan yang dirasakan masing-masing.

Komunikasi yang lancar juga akan mengurangi kemungkinan menyimpulkan sendiri suatu masalah ketika melihat sesuatu yang tidak disukai.

4. Kecemburuan adalah senjata dua sisi

Cemburu itu penting karena akan membuat pasangan merasakan betapa berartinya pasangan bagimu. Tapi cemburu berlebihan bisa membuat si dia merasa tertekan dan menjadikan masalah baru. Sikap cemburu berat juga bisa menandakan rasa tidak percaya diri dan merasa terancam.

5. Bersikap pengertian

Hidup ini penuh dengan stres dan tanggung jawab, karena itu harus ada saling pengertian. Di saat pasangan memiliki hari panjang yang melelahkan di tempat kerja, jangan memaksanya tetap mood untuk menemani kamu shoping. Dan jika ia melakukannya, hargailah. Resep hubungan yang awet adalah tidak menganggap segala hal "memang sudah seharusnya".

6. Kompromi bersama

Sebuah hubungan pasti tidak sempurna dan ada kekurangan. Tetapi yang terpenting adalah mengetahui dan belajar bagaimana berkompromi. Ketika merasa sulit berkompromi, maka komunikasikan dan cobalah untuk menemukan kesepakatan bersama.

7. Hormati pasangan

Kita tidak berbicara tentang rasa hormat seperti menghormati orangtua, tetapi lebih pada cara memperlakukan satu sama lain dengan hormat.

8. Maaf adalah kata yang ajaib

Ketika emosi memuncak karena bertengkar, kata maaf akan sulit terucap. Atau membuat pengakuan jika melakukan kesalahan juga tak gampang. Tetapi, cobalah untuk meminta maaf jika itu memang kesalahan yang kita lakukan dan kita sadari.

9. Selalu jujur

Aturan nomor satu dalam sebuah hubungan adalah kejujuran. Jangan menyimpan hal-hal untuk diri sendiri dan ungkapkan apa yang kamu pikirkan.

10. Luangkan waktu

Dengan segala kesibukan apapun, meja makan bisa menjadi tempat untuk berbagi cerita.

Kunci untuk memperkuat hubungan adalah belajar bagaimana memprioritaskan untuk punya waktu luang bersama.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/30/132054320/yang-bisa-dilakukan-untuk-tingkatkan-kualitas-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke