Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adidas dan Allbirds Berkolaborasi Ciptakan Sepatu Ramah Lingkungan

KOMPAS.com - Setiap tahun, industri alas kaki melepaskan 700 juta metrik ton karbondioksida ke lingkungan, menjadikannya salah satu industri paling berbahaya bagi planet Bumi.

Dalam rangka mengurangi efek negatif karbondioksida, banyak perusahaan sepatu menempatkan fokus pada produksi sepatu berkelanjutan menggunakan bahan daur ulang dan terbarukan.

Dan sekarang, dua label footwear bekerja sama untuk mengambil upaya tersebut lebih jauh.

Pada Kamis (28/05/2020) lalu, Adidas dan Allbirds mengumumkan proyek kolaborasi yang bertujuan mempercepat solusi untuk mengurangi angka emisi yang mengkhawatirkan industri footwear.

Keduanya akan bekerja pada manufaktur inovatif dan proses rantai pasokan serta mengeksplorasi sumber daya baru untuk bahan terbarukan demi menciptakan sepatu performa dengan jejak karbon terendah.

Kerja sama antara Adidas dan Allbirds terlihat mengejutkan, namun mereka telah memberi dampak besar pada industri sepatu olahraga, terutama ketika menyangkut produk berkelanjutan.

"Kemajuan terbaru yang dibuat oleh label kami atas nama inovasi berkelanjutan telah menciptakan momentum yang sempurna bagi kemitraan ini untuk memengaruhi praktik industri selamanya."


Sebagai salah satu label sneaker terbesar dunia, Adidas menghadirkan pengalaman sportswear dan performa selama puluhan tahun.

Selain itu, perusahaan berlogo "Three Stripes" telah berencana memakai 100 persen bahan polyester daur ulang dalam produk mereka di tahun 2024 dan menciptakan beberapa inisiatif untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Sementara Allbirds, perusahaan footwear yang berbasis di San Francisco, California, AS, telah membuat beberapa sepatu kasual paling trendi baru-baru ini.

Disebut sebagai "sepatu paling nyaman di dunia," label ini selalu berhati-hati dalam menggunakan bahan ramah lingkungan. Beberapa pekan lalu, Allbirds juga merilis sepatu lari kinerja pertamanya.

"Harapan besar kami adalah kemitraan ini akan mengajak orang lain berbagi ide dan riset terbaik mereka sehingga kami dapat bekerja sama dalam perjuangan untuk hidup lebih berkelanjutan," kata Tim Brown, co-CEO Allbirds.

"Ini adalah masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh satu perusahaan saja."

Saat ini belum ada informasi jelas terkait produk kolaborasi Adidas x Allbirds. Namun, tidak mustahil produk itu akan hadir pada tahun depan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/31/150623320/adidas-dan-allbirds-berkolaborasi-ciptakan-sepatu-ramah-lingkungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke