Salin Artikel

Arti Khusus di Balik Koleksi Bros Kesayangan Ratu Inggris

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II dikenal memiliki fesyen yang ikonik. Selain busananya yang seringkali "matching" dari atas ke bawah, atau tas tangan yang selalu dibawa, bros juga seolah menjadi aksesori wajib ratu.

Penggunaan bros menjadi salah satu cara untuk memberikan pusat perhatian pada busana yang polos. 

Bagi ratu, bros yang dipakai tidak cuma bagian dari aksesoris yang mahal, koleksi bros yang dikenakan Ratu juga memiliki arti dan nilai sejarahnya masing-masing.

1. Bros Scarab

Ratu memiliki koleksi bros yang beragam dan dikenakan pada setiap acara atau kunjungan berbeda.

Bros Scarab milik ratu adalah perpaduan emas berlian dan mirah delima (ruby) yang diberikan oleh sang suami, Pangeran Philip pada 1996.

Bros ini didesain oleh Andrew Grima and terus digunakannya pada tahun-tahun awal pemberian. Memiliki arti yang sangat spesial, Ratu juga pernah menggunakan bros ini pada foto resmi ulang tahun pernikahan mereka yang ke-20.

2. Bros Pangeran Albert

Ini adalah bros pernikahan Ratu Victoria pada 1840-an. Bros safir dan berlian yang menakjubkan ini dikenakan Ratu selama bertahun-tahun.

Penampilan terbaru Ratu menggunakan bros ini adalah pada resepsi untuk sekretaris di The Queen's Gallery pada Februari di mana Ratu memadukan bros ini dengan gaun renda biru dan putih.

Hadiah ini diberikan kepada nenek buyut Ratu, yakni Ratu Victoria dari calon suaminya Pangeran Albert pada malam pernikahan mereka. Ratu Victoria mengenakan bros ini di gaun pengantinnya dan telah menjadi favorit Ratu Elizabeth.

3. Bros mawar 100 tahun

Bros ini dimaksudkan sebagai hadiah ulang tahun ke-100 untuk Ibu Suri dari Ratu Elizabeth. Dibingkai menggunakan 100 berlian membuat bros ini dinamai bros 'seratus tahun'.

Bros dibuat oleh Collins and Sons dan menampilkan Mawar Grandiflora kesukaan ratu yang dilukis dengan tangan pada batu kristal.

Mawar ini sangat istimewa karena merupakan bunga yang dibiakkan untuk penobatan Ratu tahun 1953. Sang Ratu terlihat mengenakan ini di berbagai kesempatan, termasuk siaran Natal 2002 ke negara itu yang berlangsung sembilan bulan setelah kematian ibunya.

4. Bros bulu braemar

Pada 2002, Braemar Royal Highland Society memberi ratu bros ini untuk memperingati 50 tahun hidupnya di atas takhta. Bros ini terbuat dari platinum, emas putih dan emas 24 karat pada sebuah perhiasan perak berbentuk bulu elang.

Sejak saat itu, setiap tahunnya ratu mengenakan bros itu untuk menghadiri pertandingan tahunan Highland.

5. Bros Chelsea Iris

Bros yang sangat istimewa ini diciptakan untuk mengenang Berlian Jubilee Ratu Elizabeth. Bros ini berbentuk Iris Unguicularis, bunga populer yang identik dengan Chelsea Flower Show.

Ratu sering mengenakannya ketika mengunjungi gelaran tersebut. Bros Chelsea Iris dibuat oleh desainer Kristjan Eyjolfsson menggunakan 100 persen emas putih Inggris daur ulang dengan campuran berlian dan batu lainnya.

Ada satu berlian kuning besar di tengah dengan 30 turmalin, 20 batu kecubung, 15 berlian, dan 60 batu safir. Artinya, satu batu untuk setiap tahun masa pemerintahan ratu.

6. Bros Turquoise Ratu Mary

Ratu baru-baru ini mengenakan bros ketika membacakan pidatonya kebangsaan tentang pandemi Covid-19.

Berlian turquoise ini pertama kali diberikan kepada neneknya Mary, pada 1893 sebagai hadiah pernikahan dari mertuanya, calon Raja Edward VII dan Ratu Alexandra.

Bros itu kemungkinan besar diteruskan dari Ratu Mary ke Ratu Elizabeth pada kematiannya di 1953. Namun, Elizabeth tidak memakainya di depan umum hingga 2014 dan ini tidak termasuk bros yang sering digunakannya di depan publik.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/01/184724920/arti-khusus-di-balik-koleksi-bros-kesayangan-ratu-inggris

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.