Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Wajah Senantiasa Awet Muda? Pitera Adalah Jawabannya

KOMPAS.com - Bagi para pecinta skincare, mungkin kata pitera sudah tidak asing lagi. Pasalnya, pitera adalah salah satu komposisi yang terdapat pada sebuah produk perawatan kulit ternama.

Pada iklan komersial produk tersebut disebutkan bahwa pitera adalah ramuan ajaib yang telah diturunkan berbagai generasi untuk menjaga kulit tetap muda. Benarkah demikian?

Apa itu pitera?

Pitera pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan yang menyadari bahwa kulit tangan para pembuat sake di Jepang sangat halus seperti kulit remaja, berkebalikan dengan wajah mereka yang keriput dan menua.

Dari situlah para ilmuwan menduga bahwa air beras yang telah difermentasikan untuk membuat sake memiliki efek yang signifikan pada kulit.

Pada dasarnya, pitera adalah air beras yang telah difermentasikan. Proses fermentasi tersebut dilakukan dengan menambahkan Saccharomycopsis sebagai bahan aktif fermentasi. Dari proses fermentasi itulah pitera terbentuk.

Pitera mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, seperti asam amino, mineral, vitamin B dan E, serta asam organik.

Kandungan nutrisi tersebut diklaim dapat meningkatkan kekencangan kulit, mengurangi keriput, mengurangi bintik-bintik gelap, bahkan baik untuk perawatan rambut.

Manfaat pitera untuk kulit

Tak hanya membuat wajah menjadi awet muda, pitera ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kulit. Adapun manfaat pitera adalah sebagai berikut:

1. Meminimalkan efek radikal bebas

Suatu penelitian yang mengamati aktivitas antioksidan pada air beras mengungkapkan bahwa senyawa fenolik dan flavonoid yang terkandung pada pitera sangatlah tinggi.

Kadarnya yang tinggi meningkatkan aktivitas antioksidan yang dikenal dapat menghalau efek radikal bebas pada kulit. Oleh sebab itu, pitera pun dapat mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas.

2. Mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori

Mineral yang terkandung dari hasil cairan fermentasi beras dapat membuat kulit menjadi kencang dan dapat mengecilkan pori-pori.

Klaim tersebut dibuktikan oleh suatu studi yang mengemukakan bahwa air beras memiliki pH lebih tinggi dari pH kulit.

Ketika air beras difermentasikan, maka tingkat pH-nya akan turun hingga sama dengan pH kulit. Kecocokan pH tersebut dapat membuat pori-pori lebih rapat.

3. Meratakan warna kulit wajah secara menyeluruh

Membersihkan wajah dengan pitera dapat membantu meratakan warna kulit wajah secara menyeluruh.

4. Mencegah penuaan dini

Penggunaan pitera sebagai masker wajah dengan rutin dapat memudarkan flek hitam akibat penuaan. Pitera diakui dapat meregenerasi sel kulit.

Kandungan dalam beras, yakni momilactone A , momilactone B, dan tricin adalah kombinasi yang bermanfaat dalam menghambat penuaan.

Sementara itu, penelitian lain menyebutkan bahwa aktivitas antioksidan yang kuat pada pitera juga berperan dalam menangkal penuaan dini.

5. Mengurangi jerawat dan peradangan kulit

Manfaat lainnya dari pitera yaitu dapat mengurangi Jerawat dan menghilangkan bekasnya. Tak hanya jerawat, masalah peradangan kulit lainnya seperti eksim juga dapat diatasi dengan pitera.

Sebuah studi membuktikan bahwa pati beras berfungsi untuk meningkatkan kesembuhan penderita penyakit kulit sebanyak 20% lebih efektif jika ditambahkan ke dalam air yang digunakan untuk mandi sebanyak dua kali dalam seminggu.

6. Mencegah munculnya keriput

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2013 yang lalu telah menunjukkan bahwa air beras fermentasi atau pitera dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit. Kolagen berfungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan membantu mencegah keriput.

7. Mengatasi kulit kering

Air beras dikenal dapat membantu iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium lauryl sulfate (SLS), bahan yang ditemukan dalam banyak produk perawatan kecantikan.

Menggunakan pitera dua kali sehari dapat membuat kulit yang telah kering dan rusak oleh SLS menjadi lembap kembali.

Bagaimana cara membuat pitera sendiri?

Mendengar kata pitera membuat kita teringat dengan salah satu brand perawatan kulit yang cukup mahal. Padahal, jika bahan dasarnya adalah air beras, maka tentu saja kita juga bisa membuatnya sendiri. Ikuti cara berikut untuk membuat pitera sendiri:

Bahan-bahan:

  • Secangkir beras
  • Dua cangkir air destilasi atau telah melalui proses penyulingan
  • Essential oils

Alat:

  • Wadah
  • Botol
  • Wajan
  • Kompor
  • Spatula

Cara membuat:

  • Cucilah secangkir beras lalu buang airnya.
  • Rendam beras dalam dua cangkir air destilasi selama 20 menit. Aduk-aduk setiap 5 menit.
  • Saring air rendaman dan masukan ke dalam botol, lalu tutup dengan rapat. Diamkan selama 24 jam. Proses ini akan membuat air beras mulai berfermentasi dan berubah menjadi asam.
  • Tuang air beras ke dalam wajan kemudian panaskan hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan diamkan sampai dingin.
  • Tambahkan beberapa tetes essential oils sesuai selera, misalnya lavender oil atau peppermint oil untuk memberikan efek wangi. Pitera rumahan tersebut dapat bertahan seminggu di dalam lemari es.
  • Campurkan pitera dengan air bersih sebelum mengoleskannya ke wajah Anda.

TIdak semua orang akan cocok dengan pitera. Sebaiknya selalu konsultasikan ke dokter perihal kondisi kesehatan kulit masing-masing.

Sebelum menggunakan pitera buatan sendiri, sebaiknya coba pastikan Anda tidak alergi. Caranya dengan mengoleskan pitera di area leher atau lengan dan tunggu sekitar 30 menit.

Bila tidak ada reaksi alergi yang muncul, seperti gatal, kemerahan, dan ruam, Anda dapat menggunakan pitera sebagai toner maupun pembersih wajah. Selamat mencoba!

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/03/193851720/ingin-wajah-senantiasa-awet-muda-pitera-adalah-jawabannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke