Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mudah Atasi Bibir Pecah-pecah

KOMPAS.com - Bibir kering dan pecah-pecah menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang, baik laki-laki maupun perempuan. Walau penyebab utamanya adalah karena kurangnya asupan cairan, namun bagi perempuan bibir pecah-pecah akan semakin terlihat jika memakai produk bibir, seperti lipstik atau lipcream.

Namun, tak perlu khawatir jika mengalami hal serupa. Berikut lima cara mudah yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah, seperti dilansir the Guardian:

1. Hindari menjilat bibir

Menurut konsultan dermatologi dari the Dermatology Clinic, Daniel Glass, bibir pecah-pecah cenderung lebih banyak terjadi ketika kondisi cuaca dingin karena adanya paparan udara dingin dan kering dari luar.

"Keratin, yang membentuk lapisan atas kulit, kehilangan kelenturannya dan bibir menjadi sakit, pecah-pecah dan bersisik," katanya.

Glass menambahkan, banyak pasien yang memiliki bibir pecah-pecah memiliki kebiasaan menjilat bibir.

Menjilati bibir berulang kali dapat menghilangkan lapisan permukaan berminyak yang menjaga bibir tetap lembap, sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah.

"Enzim pencernaan dalam air liur juga bisa mengiritasi bibir," ungkapnya.

2. Gunakan lip balm

Menurut pakar kosmetik Sam Bunting, carilah lip balm yang memiliki sifat emolien untuk menghaluskan permukaan kulit dan bertindak sebagai agen oklusif untuk mengunci kelembaban.

"Saya suka lanolin dan petroleum, yang memiliki kemampuan keduanya," kata dia.

Oleskan lip balm setiap beberapa jam dan sebelum tidur. Sebab, banyak dari kita yang bernapas melalui mulut ketika tidur dan kebiasaan itu dapat membuat bibir kering.

3. Konsumsi suplemen

Beberapa obat, seperti isotretinoin (lebih dikenal dengan nama Roaccutanep dan digunakan untuk pengobatan jerawat) dapat menyebabkan bibir kering.

"Sebuah makalah baru-baru ini menunjukkan bahwa asam gamma linoleat (minyak yang ditemukan dalam tanaman) dan suplemen minyak evening primrose dapat meningkatkan kualitas kulit pada bibir ketika mengambil isotretinoin," kata Glass.

Namun, ia menambahkan bahwa belum jelas apakah suplemen sejenis ini bisa membantu orang untuk tidak minum obat. Jadi, lebih baik dicoba terlebih dahulu.

4. Perhatikan produk yang digunakan

Menurut Bunting, lip balm terkadang mengandung bahan-bahan seperti kapur barus dan mentol, yang menciptakan sensasi 'aktif' yang menyenangkan ketika diaplikasikan.

Tetapi, kandungan tersebut bisa mengiritasi dan secara paradoks membuat penggunanya mengalami bibir kering.

Selain itu, jika kamu menggunakan perawatan kulit berbasis aktivasi, seperti retinol, pastikan untuk melapisi bibir dengan lip balm sebelum mengaplikasikannya di malam hari untuk mencegah bibir yang keriput dan teriritasi.

Beberapa produk lipstik juga bisa menyebabkan bibir kering. Pada intinya, sebelum memutuskan perawatan bibir apa yang akan kamu coba, cobalah melihat kembali produk-produk yang digunakan selama ini.

5. Eksfoliasi dan melembapkan

"Jangan mengabaikan kondisi bibir yang luka dan pecah-pecah, bibir adalah tempat yang umum untuk kanker kulit, jadi berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk pemeriksaan lebih lanjut," demikian rekomendasi Bunting.

Jika bibir menjadi kering dan pecah-pecah, Glass menganjurkan perawatan secara efektif dengan eksfoliasi lembut untuk memastikan kulit kering hilang dan terkelupas dari permukaan bibir.

Selain itu, dianjurkan pula agar secara teratur melembapkan dengan lip balm atau pelembap berkualitas baik.

Jika bingung memilih produk lip balm dan pelembap yang tepat, carilah informasi sebanyak-banyaknya atau berkonsultasilah dengan dokter.


https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/05/112434520/5-cara-mudah-atasi-bibir-pecah-pecah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke