Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memperbaiki Jam Tidur Anak

KOMPAS.com - Anak Anda masih kecil, tetapi sudah memiliki kantung mata? Ini tentu meresahkan. Apalagi, jika Anda orangtuanya tak memiliki kantung mata. Sebenarnya, apa yang bisa menjadi penyebabnya?

Menurut Dr Natalie Epton, dokter spesialis anak dan ahli neonatologi, kantung mata dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk kulit alami, hidung tersumbat, dan kurang tidur.

Jika anak tidur malam kurang dari 11 jam, sangat mungkin ini bisa menjadi penyebab munculnya kantung mata.

Para ahli internasional dari American Academy of Pediatrics dan National Health Service di Inggris setuju, bahwa persyaratan tidur yang direkomendasikan pada anak balita adalah 11 hingga 14 jam.

Jika Anda kesulitan untuk membuat anak tidur lebih awal, lakukan rutinitas tidur malam.

“Misalnya, lakukan makan malam lebih awal sekitar jam 5.30 sore sampai 6 sore, diikuti dengan waktu mandi dan membaca buku cerita di tempat tidur,” saran Dr Epton.

Hindari TV atau waktu layar lainnya di malam hari menjelang waktu tidur, karena ini bisa terlalu merangsang dan membuat anak sulit tertidur.

Jika dia terbiasa tidur pada jam 10 malam, sekarang secara bertahap cobalah mengembalikan waktu tidur setengah jam setiap minggu sampai dia secara konsisten tidur pada jam 8 malam.

"Dalam keluarga saya, suami saya dan saya mencoba untuk membiasakan anak berusia empat tahun di tempat tidur sebelum jam 8 malam, anak berusia tujuh tahun pada jam 8 malam sampai jam 8.30 malam, dan anak berusia 10 tahun pada jam 8.30 malam," kata Dr Epton.

"Kadang-kadang, itu tidak mungkin, tapi selalu jadikan itu tujuan. Dengan begitu, kita juga mendapatkan waktu istirahat bersama tanpa anak-anak."

“Ingatlah bahwa anak yang lelah justru dapat menjadi lebih hiperaktif dan menahan diri untuk pergi tidur; perilaku ini tentu bukanlah ukuran yang baik,” tambahnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/08/235648620/cara-memperbaiki-jam-tidur-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke