Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Energi Saat Bersepeda

KOMPAS.com - Untuk waktu yang lama, bersepeda telah menjadi salah satu olahraga termudah untuk dilakukan, terutama karena memperoleh sepeda bukanlah hal sulit dan sebagian besar dari kita belajar cara mengendarai sepeda ketika kita masih kecil.

Bersepeda juga sangat sehat dan membantu berkontribusi pada kesehatan jantung, persendian yang sehat, dan fungsi organ, semuanya itu sambil membantu kita mempertahankan berat badan prima.

Faktanya, ini sangat diakui sebagai kegiatan yang sehat, bahkan tanggal 3 Juni ditetapkan sebagai Hari Sepeda Dunia untuk membantu mendorong kesehatan di samping untuk mengurangi emisi karbon karena transportasi ini tak menimbulkan polusi.

Agar kegiatan bersepeda bisa berjalan dengan lancar, kita perlu mengonsumsi makanan sehat. Pasalnya, bersepeda adalah olahraga berbasis kardio yang mengharuskan tubuh memiliki aliran energi yang konstan.

Berikut ini asupan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan aliran energi konstan yang dibutuhkan tubuh saat bersepeda.

1. Karbohidrat untuk energi dan daya tahan

Untuk mengamankan aliran energi yang mengalir saat kamu mengayuh pedal, pastikan kamu menyimpan karbohidrat dalam tubuh.

Karbohidrat membantumu untuk meningkatkan stamina untuk terus mengayuh. Banyak karbohidrat baik dapat ditemukan di semua jenis sayuran, buah-buahan utuh, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian.


2. Lemak dan elektrolit

Selain membantu menjaga kadar trigliserida tubuh yang kita lepaskan sebagai asam lemak untuk memicu pergerakan tubuh dan memberikan energi untuk proses tak terhitung dari tubuh kita. Selain itu, lemak juga membantu menjaga keseimbangan tubuh kita.

Sedangkan elektrolit, tentu banyak hilang ketika kita bersepeda, jadi asupan cairan yang tepat selalu dibutuhkan untuk membantu menggantikannya.

Kamu bisa mengonsumsi air lemon dan garam dalam jumlah cukup untuk mengisi kembali nutrisi mikro tubuh.

3. Diet protein tinggi

Setelah menjalani latihan apapun, mau itu bersepeda maupun latihan yang lainnya, tubuh kita mengalami kelelahan karena otot dan jaringan kita rusak.

Untuk membantu perbaikan ini, pilihlah diet protein tinggi karena merupakan komponen penting dalam perbaikan otot.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/09/221130220/3-jenis-makanan-untuk-meningkatkan-energi-saat-bersepeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke