Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Pindah Kerja di Masa Pandemi, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memang mengguncang ekonomi sehingga banyak perusahaan merumahkan, bahkan memberhentikan karyawannya. Meski demikian, masih banyak peluang kerja yang terbuka.

Menurut data, jumlah perekrutan pekerjaan menurun di seluruh dunia. Di China dan Italia, dua negara yang paling terdampak Covid-19, angka rekrutmen pekerjaan bahkan minus 45 dua minggu setelah negara itu menerapkan lockdown.

Selain itu, menurut data LinkedIn, banyak organisasi atau perusahaan yang mengalihkan tenaga kerja mereka untuk bekerja jarak jauh.

“Di tengah berbagai ketidakpastian ini, kita tahu banyak profesional berusaha untuk dapat tetap produktif,” kata Feon Ang, Vice President, Talent and Learning Solutions, Asia Pacific, dalam wawancara tertulis kepada Kompas.com.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan diri terhadap peluang yang muncul, kita perlu mengasah kemampuan yang ada saat ini.

“Memperoleh keterampilan baru dan mengasah kemampuan yang ada saat ini dapat membuat para profesional kembali bangkit dan siap bergerak maju, seperti sekarang di masa transisi menuju normal baru,” kata Ang.

Salah satu situs yang menyediakan pelatihan keterampilan online adalah LinkedIn Learning. Ada lebih dari 275 kursus di LinkedIn Learning dalam tujuh bahasa yang bisa diakses.

Kursus-kursus tersebut termasuk tips dan keterampilan untuk para pencari kerja, profesional untuk menghadapi tatanan normal baru, atau pun para pemilik bisnis skala kecil dan menengah.

Selain meningkatkan kapasitas diri, jangan lupa perluas jaringan atau koneksi sehingga peluang karier lebih terbuka lebar.

Karena kebijakan pembatasan jarak fisik, sebagian besar proses rekrutmen kini dilakukan secara online dengan aplikasi video conference.

Ini berarti kita juga perlu mempersiapkan diri untuk wawancara virtual, termasuk mempersiapkan jawaban pertanyaan secara cerdas.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/10/170000620/ingin-pindah-kerja-di-masa-pandemi-apa-yang-perlu-dipersiapkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke