Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Bersepeda? Ketahui Manfaatnya untuk Tubuh

KOMPAS.com - Pada dasarnya, sepeda merupakan salah satu kendaraan manual ramah lingkungan yang menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya.

Dengan menggunakan sepeda, kita dapat berjalan-jalan dan berkeliling sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak heran anak-anak dan para orang tua juga gemar melakukannya karena bersepeda memang sangat menyenangkan.

Akan tetapi, tidak hanya sebagai sarana bermain dan rekreasi, bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gaya hidup aktif secara fisik, memiliki kadar kebugaran 32 % lebih tinggi daripada orang yang tidak aktif.

Dalam hal ini, gaya hidup aktif dapat berupa melakukan beragam olahraga, termasuk di dalamnya bersepeda.

Dengan berolahraga, seseorang akan dapat meningkatkan suasana hati karena adanya pelepasan hormon adrenalin dan endorfin.

Selain itu, dengan berolahraga, rasa kepercayaan diri juga akan ikut meningkat dengan adanya pencapaian target yang dibuat, misalnya saat berhasil bersepeda 10 kilometer.

Selain itu, melakukan latihan fisik di luar ruangan akan membangun suasana hati yang berbeda dengan adanya pemandangan baru.

Kita juga dapat bersepeda sendiri atau berkelompok. Keduanya memberikan manfaat yang berbeda satu sama lain.

Dengan bersepeda sendiri kamu akan meluangkan waktu untuk diri sendiri dan menikmati suasana yang tenang sehingga hati lebih rileks.

Jika memilih untuk bersepeda bersama-sama, kamu juga dapat menambah lingkaran sosial menjadi lebih luas dan membangkitkan suasana menyenangkan.

2. Membantu menurunkan berat badan

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, perhitungan sederhana yang perlu dipahami adalah ‘kalori yang keluar harus melebihi kalori yang masuk’.

Dengan kata lain, kamu perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Dengan bersepeda, kamu dapat membakar kalori setidaknya 400 hingga 1000 per jam, tergantung pada intensitas dan berat dari pesepeda.

3. Membentuk dan memperkuat otot

Selain membakar kalori, bersepeda juga dapat membantu membentuk dan memperkuat otot, khususnya otot di sekitar glutes, paha belakang, paha depan, dan betis. 

Kamu juga akan mendapatkan persentase otot yang lebih tinggi dibandingkan dengan dengan lemak.

Perlu diingat, orang dengan persentase otot yang lebih tinggi akan membakar lebih banyak kalori meskipun ketika tidak bergerak.

4. Paru-paru lebih sehat

Saat bersepeda, kamu tentu kerap kali merasa terengah-engah dan kesulitan dalam bernapas. Meskipun terasa melelahkan dan tidak nyaman, hal ini menandakan kondisi yang baik di mana napas menjadi terlatih dah kuat.

Selain itu, bersepeda, khususnya di alam terbuka, akan membuat kita terpapar dengan udara segar yang tidak terkontaminasi polusi dari kendaraan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Healthy Air Campaign, Kings College London, dan Camden Council mengamati detektor polusi udara dipasang pada pengemudi mobil, pengguna bus, pejalan kaki dan pengendara sepeda menggunakan rute jalan raya melalui pusat kota London.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengemudi mobil mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi daripada pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus.

5. Tidur lebih nyenyak

Terakhir, bersepeda juga akan membantu kita untuk mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Dengan bersepeda, seseorang tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar disertai metabolisme tubuh yang optimal, melainkan juga kondisi emosional yang baik karena efek yang menyegarkan diri saat bersepeda.

Tidak heran, permasalahan tidur akibat kondisi emosi yang tidak stabil disertai tekanan dan rasa cemas dapat teratasi.

Bahkan, olahraga juga mencegah terjadinya penambahan berat badan seiring bertambahnya usia, yang merupakan penyebab lain dari gangguan tidur.

6. Menangkal diabetes

Kita pun bisa mencegah penyakit diabetes melalui kegiatan bersepeda. Sebuah penelitian di University of Southern Denmark mengatakan, individu yang rutin bersepeda, memiliki risiko lebih rendah terhadap bersepeda.

Jadi, semakin rajin kamu bersepeda, semakin rendah pula risiko terhadap diabetes. Nah tunggu apa lagi?

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/11/142226020/ingin-bersepeda-ketahui-manfaatnya-untuk-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke