Salin Artikel

Suka Bunga Anggrek? Begini Cara Menanamnya di Rumah

KOMPAS.com - Sejak dahulu, bunga anggrek dipercaya memiliki beragam manfaat, mulai dari digunakan sebagai obat hingga untuk memperkaya rasa dalam masakan.

Tiongkok telah menggunakan bunga anggrek dalam pengobatan herbal tradisional mereka. Bunga ini bahkan dianggap mewakili kesuburan dan banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap hidangan, misalnya untuk hidangan kambing atau ayam, serta penambah aroma sup.

Sedangkan dalam budaya Yunani kuno, bunga anggrek digunakan sebagai bahan obat dan difungsikan sebagai afrodisiak, yaitu zat kimia yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Meski demikian, sayangnya masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan secara pasti manfaat bunga anggrek dalam pengobatan.

Bahkan hingga saat ini, belum tersedia informasi atau penelitian yang cukup mengenai keamanan interaksi penggunaannya dengan obat-obatan yang lain.

Manfaat bunga anggrek

Meski masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan manfaat bunga anggrek sebagai obat atau bahan makanan, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari bunga anggrek.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga anggrek yang menarik untuk diketahui.

1. Meredakan stres

Bunga anggrek dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Agar  merasa lebih rileks selama berada di rumah, cobalah untuk mendekorasi rumah dengan bunga anggrek.

Perlu diketahui bahwa stres dapat memicu peningkatan hormon kortisol yang dapat berdampak pada kesehatan, seperti sistem imun, pencernaan, dan sistem reproduksi.

2. Meningkatkan kualitas udara

Tumbuhan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, begitu pula dengan bunga anggrek. Oleh karena itu, menempatkan bunga anggrek di sekitar rumah dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pernapasan.

3. Meningkatkan fokus

Berdasarkan sebuah penelitian dari University of Michigan, berada di sekitar tanaman dipercaya dapat membantu meningkatkan produktivitas dan konsentrasi seseorang.

Oleh karena itu, tentu tidak ada salahnya jika kamu meletakkan bunga anggrek di sekitar ruang kerja untuk meningkatkan fokus.

Cara menanam anggrek

Tertarik untuk mendapatkan manfaat bunga anggrek di atas? Kamu bisa menanamnya sendiri dengan beberapa cara berikut ini.

Pilih jenis anggrek yang kamu inginkan

Sebagai pemula, kamu bisa memilih dendrobium, paphiopedilum, cattleya, dan phalaenospsis karena merupakan yang paling mudah tumbuh.

Pilih media yang tepat

Akar anggrek membutuhkan lebih banyak udara dan penyangga untuk menambatkan akarnya. Kamu bisa menggunakan campuran, seperti kulit kayu, arang, sabut kelapa, pakis, atau pellet styrofoam.

Pilih pot yang pas

Selain itu, pastikan bahwa pot yang kamu pilih memiliki beberapa lubang yang dapat menjadi jalan keluarnya air. Kamu juga bisa menempelkan anggrek beserta medianya ke batang pohon.

Tanamkan anggrek ke dalam pot

Kamu bisa menanam anggrek dalam pot lalu meletakkannya di tempat yang tepat, yakni yang cukup teduh. Suhu yang disarankan untuk anggrek adalah sekitar 18-23 derajat celsius. Selain itu, pastikan juga anggrek mendapatkan cukup sinar matahari tapi tidak kepanasan.

Jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman ini. Jika ingin menggunakan pupuk, pastikan tidak memberikannya terlalu banyak, dan pakailah pupuk khusus bunga anggrek.

Selain itu, perlu diketahui bahwa bunga anggrek perlu ditanam ulang sekitar dua tahun sekali, atau ketika kamu melihat daun bagian bawah bunga anggrek tersebut mulai layu atau mati.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/11/162114620/suka-bunga-anggrek-begini-cara-menanamnya-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.