Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepeda untuk Laki-laki dan Perempuan Apa Bedanya

KOMPAS.com - Efektif untuk melepas penat dari kesibukan harian, bersepeda kini menjadi hobi baru sebagian masyarakat di masa pandemi.

Untuk mendapatkan manfaat bersepeda yang penting adalah kita konsisten melakukannya. Selain itu, memakai sepeda yang tepat juga akan membuat kegiatan gowes makin nyaman dan minim risiko cidera.

Para pemula mungkin mengira sepeda untuk laki-laki dan perempuan sama saja, sehingga aspek ini mungkin terabaikan ketika membeli sepeda.

Padahal, sepeda untuk laki-laki dan perempuan memiliki spesifikasi berbeda. Apa perbedaannya?

Head of Marcomm Polygon Bikes Indonesia, Yunike Maris menjelaskan, perbedaan mendasar terletak pada besaran atau dimensi reach dan toptube yang lebih pendek untuk sepeda perempuan.

"Ini disesuaikan dengan anatomi tubuh perempuan," katanya kepada Kompas Lifestyle, Kamis (11/6/2020).

Yunike menambahkan, standover pada bagian tengah sepeda perempuan juga dibuat lebih pendek. Hal ini dilakukan agar naik turun sepeda lebih aman dan nyaman.

Perbedaan lainnya adalah dari sadel dan dimensi cockpit (handlebar & Stem) yang juga disesuaikan. Sadel dibuat sedikit lebih lebar, sementara setang dibuat lebih narrow dengan stem yang lebih pendek.

Untuk mendapatkan sepeda dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan, Yunike menyarankan agar pelanggan tetap melakukan bike fitting.

Namun, beberapa produsen sepeda juga membuat sepeda yang bisa mengakomodir kebutuhan laki-laki dan perempuan.

"Mayoritas sepeda kami dibuat dengan riset mendalam untuk mengakomodir kebutuhan pria dan wanita, tidak dibedakan secara gender," ungkapnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/12/133314320/sepeda-untuk-laki-laki-dan-perempuan-apa-bedanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke