Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mengatasi Kulit Kepala dan Rambut Berminyak

KOMPAS.com - Bukan hanya di wajah, minyak di kulit kepala juga bisa sangat mengganggu. Rasanya seperti ada bekas tumpahan minyak yang tak kunjung hilang, tak peduli seberapa sering kamu mencucinya.

Tapi bisa jadi, minyak di kulit kepala semakin banyak karena kamu terlalu sering mencuci rambut.

Kulit kepala bekerja dengan cara yang sama seperti kulit wajah menghilangkan minyak alami, dan ia membutuhkan minyak alami ini, agar tetap sehat dan menjaga kadar minyaknya seimbang.

Jika kamu berusaha melepaskan minyak alami dari kulit kepala, kulit kepala akan menggantinya dengan memproduksi lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan kulit kepala yang semakin berminyak.

Tapi itu bukan berarti kamu tak perlu mencucinya sama sekali, karena penumpukan minyak juga akan membuat akar rambut berminyak dan rambut menjadi lepek.

Berikut enam tips yang bisa kamu lakukan, agar kulit kepala tidak terlalu berminyak.

1. Cuci rambut setiap dua hari sekali

Bagi kamu yang selalu mencuci rambut setiap hari, mungkin menjadi tantangan besar untuk menahan diri tak mencuci rambut, terutama saat cuaca panas dan lembap.

Namun, tak mencuci rambut setiap hari akan membantu kulit kepala tak terlalu kering, sehingga tidak memproduksi minyak berlebih.

Dan ingat, hanya satu pompa sampo yang dibutuhkan setiap kali mencuci rambut. Menggunakan terlalu banyak sampo membuat rambut kering, sama dengan mencuci rambut terlalu sering.

Oleskan sampo hanya pada kulit kepala, bukan pada helai rambut. Saat mencucinya, busa secara alami akan membersihkan kotoran di kulit kepala.

2. Gunakan sampo kering saat tak mencuci rambut

Jangan tunggu sampai rambut berminyak untuk menggunakan dry shampoo atau sampo kering. Sebelum jadwal mencuci rambut berikutnya, semprotkan sampo kering pada area kulit kepala yang lebih rentan terhadap lemak.

Shampo kering membantu menyerap lemak yang menumpuk di kulit kepala sebelum waktu cuci berikutnya. Pastikan untuk menyemprotkan pada akar rambut, agar produk bekerja.

Bagi kamu yang rutin berolahraga, sampo kering sangta diperlukan, karena berkeringan berarti rambut kaan lebih cepat berminyak.

Lauren Thompson Baxter, stylist di Nunzio Saviano Salon di New York City, menyarankan kepada Runners World untuk menggunakan sampo kering malam sebelum latihan, sehingga dapat membantu menyerap minyak sepanjang malam.


3. Gunakan sampo yang tepat

Temukan sampo yang tepat, yang dapat membantu mengontrol minyak dan mengandung bahan-bahan yang tidak menghilangkan minyak alami rambut.

Gunakan formula yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti sulfat atau paraben.

Sampo bebas sulfat bebas dari zat pembersih yang keras, sementara paraben dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi rambut, termasuk membuat rambut kering, mengiritasi kulit kepala, memudarkan warna kulit, dan bahkan rambut rontok.

4. Hindari makanan berminyak

Kamu adalah apa yang kamu makan. Sama seperti saat kamu perlu menghindari makanan yang berminyak dan digoreng untuk mengurangi jerawat pada kulit, kamu juga perlu menghindarinya untuk membuat kulit kepala tidak terlalu berminyak.

Kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak atau goreng mengirim kelenjar minyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

5. Batasi jumlah produk yang digunakan

Menggunakan hair spray, krim, serum, dan produk rambut lainnya dapat menyebabkan penumpukan pada kulit kepala, yang kemudian menyebabkan kelebihan lemak.

Jadi sebaiknya, lewati saja hal-hal itu. Apalagi, kamu tidak mencuci rambut setiap hari.

Penumpukan produk tidak hanya menyebabkan kulit kepala tersumbat, tetapi juga dapat menyebabkan komedo atau jerawat.

Bagaimanapun, kulit kepala seperti kulit kita, dan jerawat dapat terbentuk ketika folikel rambut tersumbat dengan sel kulit mati atau minyak. Ini bisa gatal, merah atau menyakitkan.

Ingat, terlalu sering menggunakan produk penataan rambut dapat mengiritasi kulit kepala, jadi gunakan hanya jika perlu, misalnya pada hari-hari besar, dan cobalah untuk bertepatan dengan hari-hari pencucian rambut.

6. Gunakan clarifying shampoo

Meskipun harus membatasi penggunaan produk rambut, jika kamu merasa kulit kepala tersumbat karena penumpukan produk, clarifying shampoo akan membantu ‘mengatur ulang’ kulit kepala.

Sampo lembut sangat ideal untuk penggunaan sehari-hari, tetapi clarifying shampoo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala, akar, dan helai rambut secara mendalam ketika rambut mulai terasa berat.

Mereka seperti exfoliator wajah yang membuat kulit kepala bersih untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala.

Namun, sebaiknya, gunakan clarifying shampoo hanya sekali seminggu.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/13/175600020/6-cara-mengatasi-kulit-kepala-dan-rambut-berminyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke